Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPerkuat Peran Satlinmas Dalam Gulbencal, Koramil Bangsal Bareng Forkopimcam Gelar Rakor

Perkuat Peran Satlinmas Dalam Gulbencal, Koramil Bangsal Bareng Forkopimcam Gelar Rakor

Mojokerto, Xtimenews. com – Upaya Pemerintah Daerah bekerja sama dengan pihak TNI dalam penanggulangan bencana alam di wilayah terus dilakukan. Terlebih sejak memasuki penghujung tahun 2022 hingga triwulan pertama tahun 2023 cuaca ekstrem terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali di Mojokerto Raya.

Untuk menyikapi situasi tersebut Kodim 0815/Mojokerto bekerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan OPD terkait Seperti BPBD dan instansi lainnya terus mengintensifkan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana khususnya di daerah rawan atau kawasan rawan bencana melalui berbagai kegiatan seperti edukasi dan tindakan mitigasi lainnya.

Kerja sama dan sinergitas inipun tak sebatas dilevel Forkopimda namun berlanjut hingga Forkopimcam bahkan Tiga Pilar Desa. Seperti kali ini, Selasa (11/04/2023), Koramil 0815/10 Bangsal bersama Forkopimcam menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bertajuk Peningkatan Peran Serta Satlinmas Dalam Membantu Penanggulangan dan Pencegahanan Bencana, yang diikuti anggota Satlinmas se-wilayah Kecamatan Bangsal.

Saat membuka rapat, Camat Bangsal Liantoro Sugeng Wijaya, S.STP., M.Si., menjelaskan, kegiatan ini merupakan instruksi yang harus kita siapkan secara dini dan maksimal utamanya dalam menghadapi segala kemungkinan yang setiap saat bisa terjadi.

“Saat ini cuaca cukup ekstrem, dimohon kita semua pihak untuk selalu waspada, dan mengantisipasi terhadap kemungkinan akan terjadi. Tapi alhamdulillah di wilayah Kecamatan Bangsal hingga saat ini masih dalam kondisi yang aman”, jelasnya.

Apa bila terjadi bencana, lanjutnya, kami berharap semua pihak dapat saling bahu membahu, dan bergotong royong, dalam upaya penyelamatan khususnya warga yang terdampak, “Tentunya kita semua berharap semoga wilayah Kecamatan Bangsal ini selalu dalam kondisi aman dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa”, pungkasnya.

Sementara itu, dari sisi yang berbeda, Danramil 0815/10 Bangsal diwakili Bati Tuud Peltu Kastoyo, pada kesempatan ini juga mengajak Satlinmas untuk meningkatkan kapasitas dan perannya dalam penanganan dan Penanggulangan bencana alam. Selain itu, Bati Tuud juga menghimbau anggota Satlinmas peserta Rakor, berkaitan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1444 H agar seluruh pihak lebih menggalakkan sistem keamanan dilingkungannya.

“Sudah pasti masyarakat banyak yang mudik saat Idul fitri, oleh karena itu mari kita bangun kembali Siskamling kita, dengan adanya Siskamling itu tentunya akan membantu keamanan, sehingga ketika ada orang yang ingin berbuat jahat akan berpikir dua kali untuk melakukannnya”, tegasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan, Kapolsek Bangsal diwakili Iptu Sutrisno, Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Bangsal Julizar, dan Danton Linmas Desa se-wilayah Kecamatan Bangsal. (Pendim 0815/Mjk/Titin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments