Sabtu, April 20, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPerkuat Karakter Kebangsaan, Danramil Trawas Kupas Esensi Pancasila

Perkuat Karakter Kebangsaan, Danramil Trawas Kupas Esensi Pancasila

Mojokerto, Xtimenews. com – Danramil 0815/17 Trawas Kodim 0815/Mojokerto Kapten Cba Kurniawan Junaedi memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dihadapan Peserta Brilian Banking Officer Program (BBOP), di Hotel Blessing Hills Trawas, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (17/03/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan PT. BRI (Persero) Tbk Corporate University, yang menggandeng Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) Univeraitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya selaku Panitia.

Pada materi bertajuk Pancasila, Danramil Trawas, menjelaskan, empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara, yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila memiliki nilai-nilai kebangsaan antara lain Nilai Religius, Nilai Persaudaraan, Nilai Keselarasan, Nilai Kerakyatan, dan Nilai Keadilan”, jelasnya.

Dihadapan ratusan peserta BRI Campus, Kapten Cba Kurniawan Junaedi, juga mengupas secara mendalam sejarah lahirnya Pancasila, yang tercipta dari ide pikiran para tokoh bangsa.

Di kesempatan ini, pemateri juga menjelaskan secara rinci tiap butir-butir yang terkandung pada Pancasila. Sejarah Lambang Negara Burung Garuda/Garuda Pancasila, tak luput dari penjelasannya.

Sebelum menutup materinya, Kapten Kurniawan Junaedi, menegaskan, bahwa suasana pergaulan antar bangsa merupakan keadaan yang saling ketergantungan.

“Pancasila merupakan faham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat, dan sarat dengan esensi nilai-nilai Pancasila didalamnya, bagi perwujudan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, tegasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan, dihadiri Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan UPN “Veteran” Surabaya, Dr. Agus, Dosen UPN “Veteran” Surabaya, Cristya Aji Putra, Dosen BRI Corporate University Surabaya, Teddy Sulistiyono, S.E., dan Komandan Satmenwa 806 Reffi Allifyarto Rizky Darmawan.

Sementara itu, pihak panitia, BRI Campus, menyampaikan harapan kedepannya acara ini bisa berkelanjutan, menjalin tali silaturahmi dengan pihak Koramil setempat untuk memberikan arahan dan materi yang di butuhkan guna menambah wawasan peserta terutama wawasan kebangsaan. Dan dari pihak BRI Campus mengucapkan terima kasih. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments