Jumat, April 26, 2024
BerandaPemerintahanPuluhan Penderita Katarak di Mojokerto Jalani Operasi Gratis

Puluhan Penderita Katarak di Mojokerto Jalani Operasi Gratis

MOJOKERTO, Xtimenews. com – Dalam rangka peringatan Hari Penglihatan se-Dunia, puluhan penderita katarak di Kabupaten Mojokerto menjalani operasi gratis, Senin (24/10/2022). Berlangsung di RSUD RA Basoeni Gedeg dan RSUD Soekandar Mojosari, Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati hari ini meninjau secara langsung operasi katarak tersebut. Bupati menyampaikan, terselenggaranya operasi katarak ini tak lepas dari peran Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Bupati Ikfina mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas yang telah melangsungkan agenda ini. “Operasi katarak ini dalam rangka memperingati Hari Pengelihatan Se Dunia, saya mewakili masyarakat Kabupaten Mojokerto mengucapkan banyak terima kasih kepada Kompas,” ungkapnya.

Bupati menjelaskan bahwa penyakit katarak merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena proses penuaan dan menyerang bagian pengelihatan. “Katarak ini merupakan salah satu bagian dari proses penuaan. Karena proses penuaan, pengelihatan itu merupakan salah satu hal yang penting untuk kita semua,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan, penyakit katarak ini tidak bisa ditangani dengan alat bantu seperti kacamata, karena katarak itu lensa pada matanya buram. “Katarak ini tidak bisa diperbaiki dengan kacamata, karena lensa matanya sudah keruh. Katarak ini harus dioperasi. Sehingga nanti bisa kembali melihat dengan jelas,” terang Bipati.

Bupati berharap, operasi katarak ini bisa berlangsung dengan lancar, ia juga berpesan kepada peserta agar pasca operasi selalu memperhatikan anjuran dokter.

“Mudah-mudahan operasi katarak ini berjalan lancar semua, pasca operasi yang dipesan dokter tolong diperhatikan, meskipun sepele bisa jadi infeksi,” pesan Bupati. (El/gan).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments