Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexHeadlineKabupaten Jombang Sukses Catat Rekor MURI Menari Remo Boletan Terbanyak 41.112 Penari

Kabupaten Jombang Sukses Catat Rekor MURI Menari Remo Boletan Terbanyak 41.112 Penari

JOMBANG,Xtimenews.com – Luar biasa, Pemecahan Rekor MURI “Flashmob Menari Remo Boletan yang dibawakan oleh 41.112 Penari” menjadi kado istimewa Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang ke 112.

Kegiatan yang di laksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan disiarkan langsung oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jombang di YouTube Channel JOMBANGKAB TV, pada Selasa (11/10/2022) pagi, berjalan lancar dan menyedot perhatian masyarakat Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, jajaran Forkopimda, para Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang semuanya ikut menari di lokasi Alon Alon Kabupaten Jombang.

Tari Remo Boletan ini serentak juga dibawakan oleh para pelajar mulai Paud, SD, SMP, SMA/SMK, Guru, ASN dan karyawan-karyawati Pemkab Jombang pada saat yang sama.

“Sedikitnya di 70 titik dari 21 Kecamatan se Kabupaten Jombang menari Remo massal. Mulai di Alun Alun, sepanjang jalan KH Wahid Hasyim, di 42 SMP Negeri, 20 wilayah kerja pendidikan se Kabupaten Jombang. Ini menjadi kado istimewa di Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 112 dari anak anak kita, sekaligus menjadi data pendukung usulan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2023”, tutur Senen, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak atas upayanya memperkenalkan tari Remo Gaya Boletan, kesenian lokal Jombang kepada masyarakat dan generasi muda sebagai upaya pelestarian, pengembangan, pendokumentasian, pemajuan seni budaya khas Kabupaten Jombang.

“Semoga Flashmob Menari Remo Boletan yang dibawakan oleh 41.112 Penari di Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang ke 112, dan dihadiri oleh Tim MURI ini memberikan manfaat dan menjadi kegiatan positif bagi anak anak kita, anak anak yang cerdas, Soleh Sholehah, berakhlaqul karimah”, ungkap Bupati Mundjidah Wahab.

“Terimakasih, ini sungguh luar biasa seluruh siswa SD, SMP dan SMA/SMK, Guru, ASN serta karyawan-karyawati Pemkab Jombang. Ini membuktikan bahwa kita semua memiliki kepedulian yang tinggi terhadap budaya lokal. Tentunya kami salut dan bangga, karena itu saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk 41.112 peserta tari remo boletan ini” tambahnya.

Sementara itu, Sri Widayati Perwakilan MURI, setelah menyaksikan jalannya Tari Remo Boletan 41.112 yang dilaksanakan diberbagai titik lokasi tersebut, turut menyapa para penari yang ada di beberapa Kecamatan lainnya. Selanjutnya Sri Widayati menyampaikan pernyataan mengukuhkan dan sekaligus menyerahkan piagam Penghargaan kepada Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

“Kami umumkan sekaligus kami mengesahkan bahwa pagelaran Tari Remo Boletan 41.112 Penari ini, resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia, sebagai Rekor Dunia,” kata Sri Widayati.

Dengan bangga kami serahkan “Piagam Penghargaan, Museum Rekor – Dunia Indonesia No. 10.603/R.MURI/X/2022 Dianugerahkan kepada Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang atas REKOR
Pemrakarsa dan Penyelenggara Pagelaran Tari Remo Boletan oleh Penari Terbanyak
41.112 Peserta. Tertanggal Jakarta, 11 Oktober 2022,” pungkasnya.( Arya/Gan )

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments