Beranda Index Ramadhan Arus Balik Lebaran, Penumpang Bandara Juanda Melonjak Sebanyak 18 Persen

Arus Balik Lebaran, Penumpang Bandara Juanda Melonjak Sebanyak 18 Persen

suasana penumpang di Bandara Juanda Surabaya

SIDOARJO, Xtimenews.com – Setelah melewati hari libur lebaran pada Senin, 2 Mei 2022, jumlah penumpang di Bandara Juanda mulai menunjukkan peningkatan sejak Kamis, 5 Mei 2022. Tercatat sejumlah 32.942 penumpang di hari tersebut, atau meningkat 18 persen dibanding rata-rata penumpang tiga hari sebelumnya yakni sejumlah 27.800 penumpang per harinya.

General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar menyebut, peningkatan jumlah penumpang ini masih akan berlangsung dan puncaknya diprediksi akan terjadi pada hari ini, Sabtu, 7 Mei 2022, sejumlah 39 ribu penumpang.

“Indikator arus balik mulai terjadi adalah meningkatnya jumlah penumpang keberangkatan domestik selama beberapa hari terakhir, yakni 10.500 penumpang di Hari Selasa (3/5), lalu pada Rabu (4/5) sebanyak 11.200, di hari berikutnya sejumlah 14.700, dan terakhir kemarin Jumat (6/5) mencapai 19.172 penumpang. Sementara untuk jumlah penumpang kedatangan stabil di angka 16 ribu penumpang per harinya,” jelas Sisyani,

Menyikapi potensi peningkatan jumlah penumpang, terutama di area keberangkatan, pihaknya mengantisipasi dengan memberlakukan pengaturan bagi calon penumpang agar tidak terjadi kepadatan di area check in dan ruang tunggu.

“Demi kenyamanan pengguna jasa, pada jam-jam sibuk kami memberlakukan pengaturan yakni penumpang yang dapat masuk ke area check in adalah yang waktu keberangkatannya maksimal 2 jam. Sehingga bagi penumpang yang sudah tiba di bandara namun waktu keberangkatannya masih lebih dari 2 jam, kami harap dapat menunggu di area lobby keberangkatan,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak maskapai agar dapat memastikan kesiapan SDM yang melayani di area check in sekaligus agar memaksimalkan ketersediaan konter check in yang ada. Tambahan petugas bandara pun disiagakan untuk melayani kebutuhan pengguna jasa.

“Selain antisipasi secara teknis, kami juga sangat memahami bahwa di tengah peningkatan jumlah penumpang tersebut, kebutuhan pengguna jasa sangat beragam. Sehingga kami menugaskan tambahan petugas pelayanan bandara agar standar layanan kepada pengguna jasa tetap berjalan baik meski di tengah situasi arus balik,” jelas Sisyani.

Hingga hari ke 12 pelaksanaan Posko Angkutan Udara Lebaran 2022, Bandara Juanda telah melayani 387.527 penumpang dengan rata-rata 32.294 penumpang per hari. Penumpang kedatangan domestik masih mendominasi sebesar 56 persen dari keseluruhan trafik selama posko atau sejumlah 216.852 penumpang. Sementara pergerakan pesawat selama periode posko adalah sejumlah 2.903 pergerakan dengan rata-rata 242 pergerakan per harinya.(vin/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here