Rabu, April 24, 2024
BerandaHeadlineADVGuru SD di Jombang Harus Adaptif Dalam Menghadapi Paradigma Merdeka Belajar

Guru SD di Jombang Harus Adaptif Dalam Menghadapi Paradigma Merdeka Belajar

JOMBANG, Xtimenews.com – Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bidang pembinaan sekolah dasar menyelenggarakan bimbingan teknis pengembangan sekolah bagi kepala sekolah dan guru dilingkup Disdikbud Jombang, Senin, 18/04/2022.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti sebanyak 135 Lembaga SD se- Kabupaten Jombang dengan jumlah peserta sebanyak 270 orang terdiri dari satu orang guru dan satu orang kepala sekolah.

Sebagai Instruktur atau narasumber bimbingan teknis adalah pengawas sekolah yang berpengalaman sebagai instruktur Provinsi Jawa Timur, serta kepala sekolah yang berpengalaman.

Kepala bidang pembinaan SD Endro Wahyudi mengatakan, dengan berbagai aturan yang ada saat ini dan perkembangan yang sedemikian rupa, guru dituntut adaptif baik dengan teknologi maupun perubahan paradigma merdeka belajar.

Paradigma baru merdeka belajar memaksa satuan pendidikan untuk mengubah cara berpikir dan bertindak dalam menghadapi perubahan global menuju revolusi industri 4.0.

Dalam kesempatan tersebut Hendro juga berharap, kepada guru peserta Bimtek ini untuk mengikuti dengan sebaik baiknya mulai awal hingga akhir. Dan apa yang disampaikan oleh instruktur/tutor nanti bisa diterapkan dan diaplikasikan di sekolah masing-masing dengan baik.

“PPDB 2022 untuk anak didik kita di kelas enam saat ingin memasuki jenjang SMP untuk kesempatan jalur prestasi tetap sama akan tetapi ada sedikit perbedaan pada juknis dengan tahun yang lalu,” kata Endro.

Bagi anak yang memiliki satu atau dua piagam penghargaan dengan anak yang memiliki sepuluh piagam penghargaan atau sertifikat ada perbedaanya.

“Ini untuk mendorong prestasi yang ada di sekolah, bagaimanapaun anak didik kita harus kita pacu prestasinya di setiap wilayah karena mereka memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing pada jenjang pendidikan selanjutnya,”pungkasnya.(Ar/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments