Kamis, April 25, 2024
BerandaPemerintahanRamadhan, Pemkot Mojokerto Salurkan Bantuan Bagi Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas

Ramadhan, Pemkot Mojokerto Salurkan Bantuan Bagi Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto akan segera menyalurkan bantuan bagi ribuan warga kurang mampu, penyandang disabilitas serta anak yatim/piatu di Kota Mojokerto. Bantuan yang akan direalisasikan pada April 2020 mendatang atau saat bulan Ramadhan itu terbagi menjadi 5 jenis, sesuai dengan data dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kota Mojokerto.

Bantuan tersebut antara lain bantuan sembako bagi tukang becak dan penyandang disabilitas. Kemudian, bantuan tunai kepada anak yatim/piatu non panti, anak yatim/piatu panti, dan lansia kurang mampu.

“Dari APBD Kita menganggarkan bantuan untuk 2.765 KPM, terdiri dari bantuan sembako bagi tukang becak sebanyak 550 KPM, bantuan sembako bagi penyandang disabilitas sebanyak 300 KPM, bantuan uang tunai kepada anak yatim/piatu non panti 400 KPM, bantuan uang tunai kepada anak yatim dan piatu non panti sebanyak 15 KPM, serta bantuan uang tunai kepada lansia kurang mampu sebanyak 1.500 KPM,” ungkap Sekretaris DinsosP3A Kota Mojokerto Susilawati dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Susi menerangkan jumlah penerima bantuan masih akan diverifikasi ulang oleh tim surveyor dari DInsosP3A Kota Mojokerto sebelum dilakukan penyaluran. Hal ini dilakukan guna menghindari double data dan memastikan bantuan tepat sasaran.

“Meski penerima manfaat sudah kami data di tahun 2021, namun dari jumlah sekian tadi masih akan kami lakukan verifikasi ulang untuk menghindari double data, dan memastikan apakah si penerima manfaat masih berhak menerima atau tidak sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran,” ungkapnya.

Selain bantuan yang dianggarkan dari APBD, Pemerintah Kota Mojokerto di bawah kepemimpinan Wali Kota Ika Puspitasari menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto yang juga akan menyalurkan bantuan uang tunai kepada 150 anak dari keluarga kurang mampu melalui program Senyum Yatim, dan Duafa Kids kategori yatim/piatu.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Mojokerto Dwi Hariadi menjelaskan bantuan yang diberikan melalui Baznas diperuntukan bagi anak yatim/piatu Kota Mojokerto yang belum tercover oleh bantuan APBD tahun 2022 Kota Mojokerto.

“Rencananya bulan April besok, Baznas Kota Mojokerto bersama Pemkot Mojokerto akan memberikan santunan kepada 150 anak yatim/piatu dari keluarga kurang mampu yang terdiri dari program Senyum Yatim sebanyak 120 anak, dan 30 anak melalui program Duafa Kids,” kata Dwi.

Ia menambahkan jumlah penerima santunan melalui Baznas tersebut masih dapat berubah sesuai hasil verifikasi di lapangan yang dilakukan oleh Baznas Kota Mojokerto.(dn/gn)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments