Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexHeadlineBersama Dua Pimpinan Daerah, Khofifah Ambil Air dan Tanah di Bumi Majapahit

Bersama Dua Pimpinan Daerah, Khofifah Ambil Air dan Tanah di Bumi Majapahit

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengambil sumber mata air panguripan Sumur Upas (Candi Kedaton) yang terletak di Dusun Kedaton Desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Sabtu 12 Maret 2022.

Khofifah diminta presiden Jokowi untuk menyerahkan mata air dan tanah yang ada di Jawa Timur. Dirinya bersama-sama 33 Gubernur se-Indonesia akan menyerahkan tanah dan air untuk dibawa ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk bersama-sama 33 Gubernur se-Indonesia menyerahkan tanah dan air untuk di bawa ke IKN, ” kata Khofifah kepada wartawan.

Sebelumnya, dirinya sudah bertemu dengan tim yang selama ini melakukan kajian tentang Majapahit untuk membicarakan sejumlah titik sumber mata air Panguripan di Mojokerto yang akan diambil airnya. Air dan tanah yang diambil dari bumi Majapahit itu akan dibawa ke IKN pada Minggu 13 Maret 2022.

“Air dan tanah akan dibawa ke IKN besok Minggu,” katanya.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa pakar di Mojokerto, Pihaknya memutuskan untuk mengambil sumber air penguripan Sumur Upas.

“Berapa titik yang sebetulnya yang akan kita ambil, kalau tanah itu di titik tanah yang mana. Sehingga yang menjadi warna kuatnya IKN adalah tanah dan air dari bumi Majapahit, itu adalah Mojokerto,” ungkapnya.

Setelah mengambil air di Situs Sumur Panguripan, Gubernur mengambil tanah di Situs Kumitir. Dalam kesempatan tersebut, Khofifah didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

” Ya, hari ini kami mengambil tanah di situs kumitir, yang merupakan kerajaan bagian timur Mojokerto,” tandasnya.(dn/gn)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments