Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexHeadlinePara Tokoh di Mojokerto Dukung Polri Usut Pria Perusak Sesaji di Lokasi...

Para Tokoh di Mojokerto Dukung Polri Usut Pria Perusak Sesaji di Lokasi Erupsi Semeru

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh kepemudaan serta tokoh kemahasiswaaan di Kabupaten Mojokerto mendukung Polri mengusut tuntas video viral seorang yang memakai kerpus menendang sesaji di lokasi erupsi Semeru, Lumajang.

Menurut para tokoh di Mojokerto, aksi pengerusakan dan pembuangan sesaji di lokasi erupsi Semeru di Lumajang itu dapat memicu konflik horizontal antar umat beragama.

“Serta menciderai nilai-nilai ke Bhinnekaan dalam bingkai NKRI,” kata Ketua MUI Kabupaten Mojokerto KH. Cholil Arpapapy, dalam video konferensi pers yang diterima, Selasa, 11 Januari 2022.

Hal yang sama juga disampaikan perwakilan mahasiswa yakni, Ketua Aliansi BEM Mojokerto Raya Stabit Ihmadi, ia mendukung langkah Polri dalam mengusut perbuatan pria yang membuangan sesaji di Gunung Semeru. Aksi yang dilakukan pria tersebut sudah mengganggu kepercayaan warga di sekitar lereng Semeru.

“Kami mendukung Polri untuk melakukan penindakan dalam rangka penegakan hukum kepada pelaku pengrusakan sesaji di Gunung Semeru tersebut,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Mojokerto Drs. M. Hobir, dan Ketua Forum Ketahanan Budaya Mojokerto, Kartiwi.

“Penegak hukum harus menangkap pelaku dan memproses sesuai hukum yang berlaku,” tandas Kartiwi.

Dalam video yang viral di media sosial, terlihat seorang laki-laki melakukan aksi membuang sesajen di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Ada dua video yang beredar dengan durasi 30 detik dan 20 detik.

Di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesajen yang sebelumnya diletakkan di sebuah tempat.(dn/gn)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments