Beranda Pariwara Bakso Gami, Sensasi Makan Bakso Pedas di Atas Cobek Bakar yang Meletup-letup

Bakso Gami, Sensasi Makan Bakso Pedas di Atas Cobek Bakar yang Meletup-letup

Bakso gami cobek bakar

SIDOARJO, Xtimenews.com – Kuliner bakso semakin bervariasi seiring perkembangan zaman. Bakso yang identik disajikan dengan pentol, mie, dan kuah panas, berbeda dengan bakso gami yang disajikan diatas cobek bakar yang masih meletup-letup atau bakso hotplate. Namun hotplate disini harganya sangat ramah dikantong.

Bakso gami cobek bakar merupakan menu andalan di kedai Bakso Lawang yang berlokasi di Jalan Kombes Pol. M.Duryat No.52, Desa Sidokumpul, Sidoarjo Kota.

Uniknya, bakso disini disajikan dengan sambal gami bercita rasa pedas asin yang masih meletup-letup karena dibakar di atas cobek tanah liat. Sambal gami sendiri merupakan sambal khas Kalimantan.

Moch Machbub, pemilik Kedai Bakso Lawang mengatakan awalnya ia membuka usaha kuliner bakso lawang di halaman depan rumahnya dibantu sang istri. Seiring berjalanya waktu, ayah satu anak ini ingin membuat makanan unik yakni bakso gami yang menjadi menu andalan saat ini.

“Alhamdulillah bakso gami banyak peminatnya karena unik. Makan bakso di atas cobek yang sedang panas, cocok sekali ketika hujan. Selain bisa menikmati enaknya bakso juga bisa merasakan nikmatnya sambal gami khas Kalimantan,” ucap Machbub, Sabtu, (20/11 /2021).

Seporsi bakso gami dibanderol dengan harga Rp. 10,000. Jika dirasa terlalu pedas, pengunjung bisa menambahkan nasi putih sebagai selingan. Bakso-bakso disini merupakan bakso buatan sendiri (Homemade). Dalam pembuatanya, Machbub sengaja tidak menggunakan vetsin dan menggantinya dengan bumbu dapur lainnya sebagian penyedap.

“Kebetulan bakso kami homemade tanpa menggunakan vetsin. Sebagai penyedap kita ganti dengan bumbu dapur. Kita bikin sendiri dengan alat sendiri tidak menggiling dipasar,” terangnya.

Selain bakso gami, juga ada menu bakso berkuah lainnya seperti, bakso urat, bakso keju dan bakso campur. Kedai yang dibuka sejak awal tahun 2019 ini juga dilengkapi dengan menu penyetan dan ayam geprek. Tentunya, semua menu disini harganya sangat terjangkau.

Yuni, salah seorang pengunjung yang memesan bakso gami mengaku suka dengan citarasa khas perpaduan bakso dan sambal gami yang pedas dan unik.

“Bakso gami andalan saya karena enak, rasanya pedas cocok dimakan pas musim hujan. Penyajiannya juga unik makan bakso di atas cobek yang masih meletup-letup. Mantap sekali,” tutupnya. (vin/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here