Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexPendidikanDinas Pendidikan Sidoarjo Gelar Pembinaan Kader PGRI

Dinas Pendidikan Sidoarjo Gelar Pembinaan Kader PGRI

SIDOARJO, Xtimenews.com – Tantangan Organisasi keprofesian seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) hari ini dan kedepan, tampaknya tidak ringan. Oleh karena itu, PGRI Kabupaten Sidoarjo menggelar agenda Bina Kader PGRI.

Diakui atau tidak, organisasi guru saat ini tidak hanya PGRI, disamping itu juga ada organisasi yang lain. Tapi secara historis, yang berjuang untuk memperjuangkan anak bangsa yang diakui adalah eksistensinya adalah PGRI.

Hal itu disampikan Dr. Tirto, Adi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, saat memberi sambutan dalam acara tersebut. agenda Bina Kader Pengurus Cabang PGRI / PGRI Khusus Se-Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021 di gelar di Convention Hall Bess Resort and Waterpark Malang, Jumat (5/11/2021).

No

“Oleh karena itu, kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, selalu memfasilitasi, memperjuangkan, bagaimana agar keorganisasian PGRI ini tetap eksis. Kemarin saat jajaran pengurus PGRI Kabupaten Sidoarjo ke kami. Saya sampaikan bahwa, tahun depan kita usulkan agar PGRI ini merupakan organisasi yang diharapkan dapat alokasi dana dari daerah,” ucap Dr Tirto dalam sambutannya.

Pak Tirto, sapaan akrabnya, juga mengungkapkan, tantangan lain yang dihadapi PGRI yaitu ketika Menteri Pendidikan menerapkan konsep merdeka belajar.

“Menurut saya, ini juga perlu ditopang, perlu disupport oleh teman-teman PGRI selain dari unsur pemerintah. Karena, kalau hanya saja mengandalkan dari unsur pemerintah rasanya tidak mungkin. Untuk itu, perlu melibatkan masyarakat seperti organisasi profesi seperti PGRI,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Sosial ini juga berharap PGRI bersama-sama dengan pemerintah untuk membuat guru-guru berdaya.

Merdeka belajar itu sejatinya tidak sekedar menyederhanakan RPP dari berlembar menjadi satu lembar, atau sekedar menghapus ujian nasional. Tetapi guru itu menjadi tugas yang mulia, yakni mencerahkan dalam gelap gulita. Maka, kami berharap sebelum mencerahkan, maka guru itu harus tercerahkan terlebih dahulu.

Sementara, Ketua PGRI Kabupaten Sidoarjo Drs. Edy Wuryanto, mengatakan, kegiatan Bina Kader dilaksanakan sebagai edukasi kepada pengurus Cabang PGRI yang selanjutnya diteruskan kepada anggotanya di masing-masing cabang. Beberapa materi yang diulas diantaranya AD/ART PGRI, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH), Kode Etik Guru, Keorganisasian PGRI, Sejarah Perjuangan PGRI juga Leadership. Emil Mukhtar/Sekbid Infokom PGRI Sidoarjo. (vin/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments