Sabtu, April 20, 2024
BerandaIndexTNI & POLRISatgas TMMD Ke-112 Kebut Pembangunan Saluran Irigasi Sumber Lumpang

Satgas TMMD Ke-112 Kebut Pembangunan Saluran Irigasi Sumber Lumpang

MOJOKERTO, Xtimenews.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 TA. 2021 di Desa Duyung Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto secara resmi dibuka Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., Rabu (15/09/2021) kemarin. Pembukaan TMMD ini juga terkoneksi secara virtual dengan empat Kodim lainnya yang melaksanakan TMMD, yakni Kodim 0809/Kediri, Kodim 0808/Blitar, Kodim 0818/Malang-Batu dan Kodim 0826/Pamekasan.

Dalam TMMD Ke-112 TA. 2021 Kodim 0815/Mojokerto, sejumlah sasaran fisik yang menjadi target pekerjaan dalam TMMD ini mulai dikebut pengerjannya. Salah satunya pembangunan Saluran Irigasi Sumber Lumpang yang merupakan program Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto. Sasaran fisik ini sejatinya sudah mulai digarap sejak Pra TMMD oleh personel Kodim 0815/Mojokerto bersama warga setempat.

Memasuki hari kedua paska pembukaan TMMD, Kamis (16/09/2021), Satgas TMMD-112 Kodim 0815/Mojokerto yang terdiri dari personel Pasukan Marinir, Yonif PR 503/MK dan Arhanud-8/MBC dengan didampingi Tim Teknis dari Yonzipur-5 Malang bersama warga, semakin memaksimalkan pengerjaan Saluran Irigasi Sumber Lumpang.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., selaku Dansatgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto, mengungkapkan, pembangunan saluran irigasi Sumber Lumpang terdiri dari tiga bagian, pertama satu unit bendungan yang berfungsi sebagai tandon penampung air dengan volume 2,5 meter x 0,8 meter, kedua saluran irigasi dengan volume 180 meter x 0,8 meter dan ketiga saluran irigasi dengan volume 38 meter x 0,5 meter.

Setelah TMMD dibuka secara resmi, lanjutnya, pengerjaan pembangunan saluran irigasi ini dilakukan SSK TMMD, yang merupakan bagian dari Satgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto. Hingga kini capaian pengerjaan sasaran fisik ini, ada dikisaran 20 persen. “Kita yakin sebelum target waktu yang ditentukan, saluran irigasi ini bisa dirampungkan, paling tidak tiga minggu ke depan sudah tuntas,” ujarnya.

Dansatgas berharap, dengan terbangunnya saluran irigasi Sumber Lumpang ini mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat termasuk para petani. Diharapkan dengan adanya saluran irigasi ini maka ketersediaan akan air bisa terpenuhi. “Tentunya kita berharap irigasi ini dapat menjamin ketersediaan air yang dapat menunjang usaha dan kegiatan pertanian bagi masyarakat Desa Duyung,” harapnya.

Pantauan di lapangan, tampak Personel SSK TMMD dipimpin Sertu Abdul Wahid bersama masyarakat bahu membahu mengerjakan saluran irigasi yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Duyung, Trawas.(dn/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments