Rabu, April 24, 2024
BerandaIndexPeristiwaBonsai Kelapa, Tanaman Unik yang Bisa Diukir

Bonsai Kelapa, Tanaman Unik yang Bisa Diukir

SIDOARJO, Xtimenews.com – Tanaman bonsai dikenal memiliki beragam jenis salah satunya bonsai kelapa. Tanaman ini mempunyai keunikan tersendiri yakni batok kelapa yang tumbuh bisa diukir ataupun dikreasikan sesuai kreativitas pemiliknya.

Keunikan inilah yang membuat Puji Sulistyo tertarik membudidayakan bonsai kelapa. Ia mengatakan, ada berbagai jenis bonsai kelapa diantaranya, kelapa sayur, gading oranye, gading kuning, gading susu hingga kelapa puyuh hijau.

“Keunikannya mudah dikreasi, mulai dari akar serabutnya juga. Kalau yang pandai ngukir ya bisa di bentuk sesuai keinginan pemiliknya,” ucap Jojon sapaan akrabnya, Minggu, (5/9/2021).

Puji Sulistyo atau kerap disapa Jojon baru saja dilantik menjadi ketua komunitas Delta Bonsai Kelapa (DBK) Sidoarjo, di Yussar Stable & Riding Club, Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin. Saat ini komunitas tersebut memiliki 47 anggota di Sidoarjo.

Jojon berharap melalui pelantikan ini, tanaman bonsai kelapa bisa lebih dikenal masyarakat luas serta menggelar berbagai event di Sidoarjo sehingga mampu meningkatkan perekonomian anggota komunitas.

“Kita pameran belum pernah di Sidoarjo, tapi di luar kota sering. Madura, Malang, Tuban. Selain itu Agar bisa meningkatkan ekonomi anggota DBK,” terangnya usai dilantik.

Selain unik, bonsai kelapa juga memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Mulai dari harga Rp. 100 ribu hingga Rp. 45 juta. Tergantung dari keunikan, bentuk dan usia tanaman.

“Dia semakin tua semakin unik semakin mahal. Kalau penilaian dilihat dari banyaknya daun, akar, dan kesehatan tanaman,” imbuh Jojon.

Sementara itu, penasehat komunitas DBK Zahlul Yussar menyampaikan, usai pelantikan pihaknya akan mengembangkan bonsai kelapa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Kami akan kembangkan bonsai kelapa melalui pameran, lomba, serta event-event lainya agar tanaman lebih masyarakat luas,” ujarnya.

Terutama di tempat-tempat wisata, lanjut Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo ini, agar ditanamI bonsai kelapa mengingat manfaatnya banyak sekali misalnya memproduksi oksigen, menurunkan kadar polusi udara serta sumber pendapatan karena harganya lumayan tinggi. Pungkasnya. (vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments