Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexKesehatanWajib Perhatikan Hal Ini Sebelum Datang ke Depo Isi Ulang Oksigen Gratis

Wajib Perhatikan Hal Ini Sebelum Datang ke Depo Isi Ulang Oksigen Gratis

SIDOARJO, Xtimenews.com – Sebelum datang ke depo isi ulang oksigen gratis di kantor Unit Pelaksana Tugas Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPT PPD) yang berada di Jalan Pahlawan no 41, Sidoarjo. Ada hal yang wajib diperhatikan masyarakat.

Andhika Sutikda, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mengatakan, warga yang hendak mengisi ulang oksigen gratis disini harus dipastikan sudah mendaftar melalui link http://infocovid19.jatimprov.go.id beberapa hari sebelumnya dengan mengunggah KTP dan hasil PCR positif.

“Jadi yang daftar itu otomatis yang sehat. Daftarnya melalui link yang telah disediakan. Kalau langsung datang kesini ndak bisa,” ucap Andika kepada Xtimenews.com, Senin, (19/7/2021).

Masih dikatakan Andhika, setelah mendaftar, warga akan mendapatkan barcode yang digunakan untuk mengambil nomor antrian di depo isi ulang oksigen. Kemudian setelah masuk antrian, warga akan mendapat 3 label.

“1 label ditempelkan di tabung yang akan diisi, 1 label untuk yang bersangkutan, 1 label untuk petugas di depo isi ulang oksigen gratis,” jelasnya usai acara peresmian di Kantor UPT PPD Sidoarjo.

Jika dalam kondisi darurat, Andhika menjelaskan, pihaknya menyiapkan tim lapangan yang bertugas menjemput tabung oksigen kosong dan persyaratan seperti KTP dan PCR positif serta foto warga yang sedang sakit (isoman).

“Kita harus transparan untuk mengantisipasi agar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, misalnya dijual lagi. Tapi yang kita dahulukan tetap yang terdaftar,” tegas Andhika selaku Kepala Koordinator di depo isi ulang oksigen gratis di kantor UPT PPD Sidoarjo ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana menyediakan depo isi ulang oksigen gratis di kantor UPT PPD Sidoarjo ini selama satu bulan, namun tidak menutup kemungkinan diperpanjang jika memang masih dibutuhkan.

Per hari, Pemprov Jatim menyediakan stok 500 m3 oksigen yang artinya mampu untuk mengisi 500 tabung oksigen berkapasitas 1 m3. Depo isi ulang oksigen gratis ini juga bisa dimanfaatkan warga luar daerah Sidoarjo.

“Dalam sehari warga diberi kesempatan mengisi ulang oksigen gratis disini dua kali. Warga luar Sidoarjo juga boleh isi ulang oksigen gratis disini jika sudah mendaftar online,” tandas Andhika. (vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments