Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexPeristiwaPenggali Makam Covid-19 Delta Praloyo Mengeluh 7 Bulan Belum Terima Honor

Penggali Makam Covid-19 Delta Praloyo Mengeluh 7 Bulan Belum Terima Honor

SIDOARJO, Xtimenews.com – Delta Praloyo merupakan satu satunya makam Covid-19 di Sidoarjo. Namun mirisnya, penggali makam Covid-19 mengeluh sudah 7 bulan belum menerima honor dari Dinas Perumahan dan Permukiman Sidoarjo.

Sukoyo, Ketua Tim Penggali Makam Covid-19 Delta Praloyo mengatakan, selama 7 bulan pihaknya belum menerima honor dari pemerintah, hal ini tak sebanding dengan kondisi Covid-19 yang terus bertambah setiap hari.

“Anak-anak mengeluh karena sudah 7 bulan honornya belum cair. Padahal sekarang jenazah covid-19 semakin banyak,” ucap Sutoyo kepada Xtimenews.com, Kamis (1/7/2021).

Awalnya, honor penggali makam Covid-19 Delta Praloyo selalu dibayar lancar oleh Pemkab Sidoarjo. Sesuai perjanjian, ia bersama tim mendapat honor Rp 5 juta per liang lahat hingga akhirnya menunggak sampai sekarang.

“Karena tim saya 5 orang, maka Rp 5 juta itu dibagi 5. Meskipun honornya belum cair kami tetap semangat. Saya gak tega, ini orang mati, gak ada yang berani mengubur selain kami,” katanya di lokasi Pemakaman Covid-19 Delta Praloyo.

Sukoyo mengaku, dalam sehari ia bersama tim menggali 8 hingga 10 liang lahat untuk jenazah covid-19. Semua jenazah covid-19 berasal dari seluruh rumah sakit se Sidoarjo dimakamkan di lokasi itu.

“Bahkan juga ada warga Surabaya, dirawat dan meninggal di rumah sakit Surabaya tapi KTP nya Sidoarjo ya dikubur disini,” imbuhnya.

Sukoyo terpaksa menerima sumbangan dari keluarga Almarhum meskipun ia tidak pernah meminta sepeserpun. Ini dilakukan Sukoyo dengan alasan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

“Kadang ada ahli waris yang ngasih seikhlasnya Rp 50 atau 100 ribu. Padahal kami ndak minta sepeserpun. Terpaksa kami terima untuk tambahan ekonomi,” terangnya.

Sementara ini, lanjut Sukoyo, kita batasi waktunya kalau malam kita ndak gali, ditunda besok paginya. nanti kalau honornya sudah turun baru kita kerjakan lagi meskipun malam hari. Jelas Sukoyo.

Sukoyo berharap agar pemerintah dan Dinas terkait mendengar keluhan para penggali makam Covid-19 Delta Praloyo. “Harapan kami honornya cepat cair biar anak-anak senang semangat kerja lagi,” pungkasnya.(vin/den/gan).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments