Beranda Index Kesehatan Sidak Mamin, Ning Ita Temukan Makanan Kemasan Tak Ada Masa Kedaluwarsa

Sidak Mamin, Ning Ita Temukan Makanan Kemasan Tak Ada Masa Kedaluwarsa

Sidak Mamin, Ning Ita Temukan Makanan Kemasan Tak Ada Masa Kedaluwarsa

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memimpin sidak mengantisipasi beredarnya produk makanan dan minuman (Mamin) yang tidak sesuai dengan ketentuan perizinan dan kedaluwarsa.

Dalam sidak hari ini bersama Disperindag dan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Wali Kota Mojokerto mendapat temuan kemasan produk makanan kemasan yang tidak ada tanggal kedaluwarsanya tertera di kemasan. Mendapati temuannya itu, ia langsung memberikan teguran lisan kepada manajemen swalayan Carefour di jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto untuk tidak menjual produk makanan tersebut kepada konsumen.

“Harus bisa mencantumkan itu (tanggal kedaluwarsa) informasi yang wajib diketahui oleh konsumen,” kata Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto kepada wartawan, Kamis (6/6/2021).

Meski begitu, makanan kemasan tanpa tanggal kedaluwarsa itu tidak mengandung bahan berbahaya saat dicek oleh Dinas Kesehatan Kota Mojokerto makanan itu tidak mengandung boraks, Formalin, Rodamin B dan Methanil Yellow atau pewarna.

“Saat di cek semua negatif. Aman semuanya, ada produk yang masa expirednya hanya kurang beberapa hari. Saya sampaikan harus ditarik,” cetus Ning Ita.

Tak hanya dilokasi itu, sidak mamin yang dibagi menjadi dua tim itu juga menemukan hal yang sama ditempat yang berbeda. Tim yang dipimpin Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria itu menyasar toko swalayan Superindo dan kompleks pertokoan Santrio yang berada di jalan Bhayangkara Kota Mojokerto.

“Ditemukan makanan yang tidak ada masa kedaluwarsanya. Kami perintahkan untuk menarik dari etalase,” ujar Cak Rizal, sapaan akrab Wakil Walikota Mojokerto.

Sidak tak hanya menyasar Mamin yang tidak sesuai dengan ketentuan perizinan dan kedaluwarsa. Petugas juga memantau perkembangan harga bahan pokok di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto.

Harga sejumlah komoditas bahan pangan di pasar ini masih stabil mengikuti kondisi harga internasional. Pemerintah Kota Mojokerto diharapkan dapat menjadikan kondisi ini sebagai momentum perbaikan harga menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.(den/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here