Jumat, April 26, 2024
BerandaPemerintahanPemkot Mojokerto Raih Penghargaan PPD Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur

Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan PPD Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Kota Mojokerto berhasil raih predikat terbaik ketiga di penghargaan PPD terbaik kota tingkat Provinsi Jawa Timur 2021 di Ballroom Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis 15 April 2021.

Pemberian penghargaan itu bertepatan dengan digelarnya Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspita Sari.

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, percepatan pembangunan daerah melalui digitalisasi di setiap pemerintahan telah dilakukan. Namun, ada pemerintah daerah yang merasa telah melakukan percepatan namun perlu perluasan, maka seyogianya dilakukan pembaharuan agar pemanfaatan digitalisasi dapat mencakup secara keseluruhan.

“Kami sangat mengapresiasi daerah-daerah yang telah melakukan percepatan pembangunan. Dengan pembangunan yang baik tentunya diharapkan mampu membawa kebaikan pula dan kemanfaatan bagi semuanya,” kata gubenur perempuan pertama di Jawa Timur ini.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjelaskan, penghargaan yang diperoleh tersebut dapat menjadi tolak ukur bahwa Kota Mojokerto telah menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komperhensif, terukur dan dapat dilaksanakan.

“Tidak hanya percepatan pengembangan perluasan digitalisasi yang saat ini menjadi konsen kami Pemerintah Kota Mojokerto. Melainkan, perubahan-perubahan dan pengembangan kota dari tahun ke tahun yang sangat signifikan menjadi nilai tersendiri,” kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Seperti, lanjut Ning Ita, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB per Kapita, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Jumlah Penganggur, Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Ketimpangan, Pelayanan Publik dan Pengelolaan Keuangan Transparansi dan Akuntabilitas.

Lebih rinci Ning Ita menjelaskan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto mengalami peningkatan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Dimana, tahun 2018 IPM mencapai 77,14 persen, tahun 2019 IPM mencapai 77,96 persen dan di tahun 2020 IPM mencapai 78,04 persen. Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi capaian di tahun 2019 sebesar 5,75 persen dan pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi di Kota Mojokerto mengalami kontraksi sebesar minus 3,69 persen karena adanya pandemi Covid-19.

“Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) ini berdasarkan atas dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan proses penyusunan RKPD. Selain itu, juga dinilai pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD serta inovasi yang dikembangkan masing-masing daerah,” tandas Wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini.(den/adv)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments