Beranda Index Headline Kunjungi Sidoarjo, Presiden Jokowi Pastikan Vaksin AstraZeneca Hukumnya Halal

Kunjungi Sidoarjo, Presiden Jokowi Pastikan Vaksin AstraZeneca Hukumnya Halal

BERBAGI
Presiden Jokowi pantau vaksinasi anggota MUI Jatim

SIDOARJO, Xtimenews.com – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Sidoarjo, jatim. Dalam kunjungan ini Jokowi meninjau langsung vaksinasi yang dilakukan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.

Didampingi Menteri Kesehatan Budi Gusnadi Sadikin dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Bupati Sidoarjo Achmad Muhdlor Ali, Presiden Jokowi menine langsung proses vaksinasi untuk tokoh agama, bahkan pesepak bola nasional Uston Nawawi juga tampak mengikuti vaksinasi di Pendopo Pemkab Sidoarjo.

Dalam kunjunganya Presiden Jokowi mengatakan, untuk memastikan kesiapan baik dari Kabupaten rumah sakit dan puskesmas. Agar vaksinasi nasional berjalan dengan baik & lancar sekaligus bertemu dengan Ketua MUI Jatim untuk memastikan bahwa vaksin Astrazeneca tersebut halal.

“Memastikan agar vaksinasi nasional baik dan lancar,” ucap Presiden Jokowi itu. Tadi pagi saya sudah bertemu MUI jatim mengenai Vaksin Astrazeneca,” ucap Presiden Jokowi di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Senin (22/3/2021).

Mengenai pertemuannya dengan MUI Jatim, Presiden Jokowi mengatakan bahwa seluruh pesantren di Jatim siap diberi vaksin Astrazeneca tersebut. Presiden Jokowi akan memerintahkan Menteri Kesehatan agar segera mendistribusikan vaksin Astrazeneca ke Provinsi Jatim dan provinsi lainnya.

“Jatim siap diberi vaksin tersebut yang akan digunakan Ke ponpes di Jatim,” imbuhnya kepada Xtimenews.com.

“Saya perintahkan Menkes segera mendistribusikan vaksin Astrazeneca di Jatim dan provinsi lain,” tutupnya.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Jawa Timur, selain meninjau vaksinasi di Sidoarjo juga diagendakan meresmikan instalasi air Umbulan, di Pasuruan dan juga peninjauan vaksinasi di Jombang.

Sementara itu, Ketua MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil alallah mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Astrazeneca tersebut halal berdasarkan hasil musyawarah komisi fatwa. Maka sudah seharusnya program pemerintah ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya.

“Vaksin Astrazeneca ini hukumnya halalan toyiban. hari ini kami akan mengeluarkan fatwa kehalalan Astrazeneca dan keamanan penggunaanya,” kata KH. Hasan Mutawakkil usai disuntik vaksin Astrazeneca.

KH Hasan Mutawakil berharap usai dikeluarkannya fatwa halal dari MUI, masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa segera melaksanakan program vaksinasi nasional.

“Semoga ini dapat ditiru oleh komponen masyarakat lainnya,” pungkasnya.(vin/den/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here