Beranda Pariwara Berawal Dari Hobi Ditengah Pandemi, Budidaya Rumahan Ikan Koi Membawa Hoki

Berawal Dari Hobi Ditengah Pandemi, Budidaya Rumahan Ikan Koi Membawa Hoki

Edy R.A Tarigan ketika memberi makan ikan koi di rumahnya

SIDOARJO, Xtimenews.com – Ikan Koi membawa hoki, kalimat inilah yang pantas diucapkan ketika berkunjung ke rumah Edy R.A Tarigan, warga Sidoarjo yang meraup keuntungan melalui budidaya ikan koi di rumahnya.

Uniknya, ikan koi di rumah Edy Tarigan tidak dibudidayakan di kolam tanah berukuran besar, melainkan di kolam rumahan yang terbuat dari aquarium berukuran besar lengkap dengan aerator dan perlengkapan lainnya. Sedikitnya ada 7 aquarium besar di rumah Edy Tarigan dan dua kolam buatan yang berada di lantai dua rumah seorang pengacara tersebut. Semua kolam itu ia gunakan untuk membudidayakan ikan koi kesayanganya.

“Awalnya itu karena pandemi bagaimana caranya ikan koi itu dibudidayakan di rumah tanpa membuat kolam yang besar,” ucap Edy Tarigan Rabu, (10/3/2021) malam.

Selain ikan koi, di rumah Edy Tarigan juga terlihat beberapa ikan arwana yang juga diakuinya sebagai hobi ditengah pandemi.

“Bisa untuk terapi penghilang stres, menurut saya hobi ditengah pandemi yang membawa hoki ya ini, budidaya ikan koi,” cetus Edy Tarigan ketika ditemui di rumahnya.

Kembali dikatakan Edy Tarigan, Yang harus diperhatikan ketika membudidayakan ikan koi di rumah adalah kadar PH air, aerator, dan sinar matahari. Selain itu perlengkapan filter aquarium pun juga menggunakan bahan khusus yakni kerang laut yang berfungsi sebagai penyerap bakteri.

“Kita gunakan kerang laut khusus sebagai bahan saringan gunanya untuk menyerap bakteri,” imbuhnya kepada Xtimenews.com.

Lebih lanjut, Edy Tarigan mengatakan, Usaha yang ditekuninya selama satu tahun ini memanfaatkan sistem daring/online untuk penjualan, selain itu dirinya juga bergabung di komunitas pecinta koi. Edy Tarigan mengaku harga koi di rumahnya berkisar antara Rp. 50 ribu hingga 30 juta, dan berbagai jenis ikan koi tersedia di rumahnya yang beralamat di Perumahan The Graha Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo.

“Paling banyak dicari jenis kohaku, shiro, dan tancho. Yang termahal terjual seharga Rp 36 juta 1 ekor panjang 93cm ada sertifikat asli dari jepang,” kata Edy Tarigan.

Sementara itu di tempat yang sama, seorang pecinta ikan koi bernama Edi kusmiran mengatakan, dirinya sering membeli ikan koi di rumah Edy Tarigan karena harganya lebih miring dibanding tempat lain bahkan untuk kualitas, Edy Kusmiran mengaku ikan koi di rumah Edy Tarigan lebih baik daripada lainya.

“Murah disini dibanding tempat lainnya, kualitas juga lebih bagus,” Jelas pria asal Candi Sidoarjo ini.

“Karena ini warnanya bagus untuk hiburan saja, ada 5 ekor ikan koi di rumah saya,” tutupnya.(vin/den/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here