Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIOperasi Yustisi di Pekalongan Jaring 62 Pelanggar Prokes Dikenakan Sanksi Sosial

Operasi Yustisi di Pekalongan Jaring 62 Pelanggar Prokes Dikenakan Sanksi Sosial

PEKALONGAN, Xtimenews.com.- Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan masuk Wilayah Hukum Polres Pekalongan Kota, Polsek setempat terus melakukan berbagai macam upaya. Selain kegiatan edukasi, imbauan protokol kesehatan, kegiatan operasi yustisi penegakkan protokol kesehatanpun gencar dilakukan.

Waka Polres Pekalongan Kota Kompol Drs Gangsar Subagya memimpin langsung Ops Yustisi penegakan protokol kesehatan, bersama petugas gabungan terdiri dari anggota Polres Pekalongan Kota, Koramil Buaran, Polsek, Satpol PP, Dishub Kabupaten Pekalongan dan Trantib setempat, melakukan razia protokol kesehatan di jalan raya Wonoyoso Buaran Jum’at, (29/01/2021).

Dalam kegiatan tersebut petugas menemukan 62 pelanggaran protokol kesehatan, dimana para pelanggar protokol kesehatan tersebut adalah pedagang Kaki 5 dan masyarakat yang sudah menjadi tradisi Jum’ at kliwonan selanjutnya diambil tindakan tim Yustisi disertai pembagian masker dan dikenakan sanksi sosial berupa teguran.

Waka Kapolres Pekalongan Kota Kompol Drs Gangsar Subagya saat ditemui dilapangan, mengungkapkan bahwa kegiatan Operasi yustisi kesehatan ini akan terus digelar berkelanjutan, dengan tujuan utama untuk menumbuhkan kesadaran dari masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, Rajin Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Memakai Masker dan menghindari kerumunan.

“Polsek Pekalongan Buaran bersama dengan Koramil serta Kecamatan akan terus mendukung kegiatan penanganan Covid-19, salah satunya adalah operasi yustisi protokol kesehatan,” kata Waka Polres.

Kapolsek Buaran Akp Guritno SH, menegaskan bahwa penindakan pelanggaran protokol kesehatan memang perlu dilakukan, dimana jika ada tindakan ataupun sanksi maka bisa menimbulkan efek jera bagi para pelanggar, “Dengan adanya sanksi, diharapkan masyarakat tidak ada yang melakukan pelanggaran,” urai Kapolsek Buaran

Dari 62 pelanggaran protokol kesehatan, sebagian besar pelanggaran tidak memakai masker.

Plt Camat Buaran kab Pekalongan Makhroji,SE menyampaikan, dalam penanganan Covid-19 pihaknya akan terus menjalin sinergi dengan Polsek dan Koramil, sehingga kegiatan kegiatan untuk antisipasi Covid-19 bisa berjalan maksimal.

“Semua yang kita lakukan adalah untuk kesehatan bersama, apa yang kita lakukan akan sia sia, tanpa peran aktif dari masyarakart. Untuk itu kami mohon warga agar selalu disiplin protokol kesehatan,” ucap Camat Buaran.(rif/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments