Beranda Index Seni & Budaya Melihat Tradisi Kliwonan di Makam Sunan Gunung Jati Kabupaten Cirebon

Melihat Tradisi Kliwonan di Makam Sunan Gunung Jati Kabupaten Cirebon

CIREBON, Xtimenews.com – Tradisi malam Jumat Kliwon atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kliwonan berkaitan dengan cerita rakyat atau legenda dari daerah setempat yaitu Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kabupaten Cirebon.

Acara ini selalu dilaksanakan pada tiap malam Jumat kliwon untuk melaksanakan kegiatan tahlil dan doa bersama. Sebagai seorang umat muslim, Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, SH, S. Ik, MH malam ini menghadiri kegiatan tradisi malam Jumat kliwon di Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kabupaten Cirebon.

Diantara para peziarah Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron menyampaikan, kegiatan malam ini merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan di makam gunung jati. Dimana para pengunjung atau peziarah berasal dari segala penjuru Kota, baik dari Cirebon maupun dari luar kota.

“Sehingga sebagai polisi kita wajib memastikan keamanan dan kenyamanan warga masyarakat yang datang untuk berziarah di malam jumat kliwon ini,” katanya.

Selain melaksanakan pengamanan, juga dilaksanakan ops yustisi berupa himbauan kepada masyarakat para peziarah untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Dalam pelaksanaan kegiatan tradisi malam jumat kliwon di Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kabupaten Cirebon, berjalan dengan lancar dan mayoritas para peziarah sudah sadar diri untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan masker.

Sementara ada beberapa yang tidak menggunakan masker di himbau dan diberikan masker gratis.(rif/den/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here