Selasa, April 23, 2024
BerandaIndexHeadlineKPU Tetapkan Pasangan Ikfina-Al Barra Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil...

KPU Tetapkan Pasangan Ikfina-Al Barra Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil Pilkada Mojokerto

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto, menetapkan pasangan Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (Ikbar) sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih setelah mendapatkan dukungan masyarakat sebanyak 405.157 suara pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020.

Sebagaimana diketahui, Ikfina Fahmawati merupakan istri dari mantan Bupati Mojokerto, Musthofa Kamal Pasha (MKP).

Ia menggandeng Muhammad Al Barra putra dari KH. Asep Saifuddin Chalim, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur maju di Pilkada 2020.

Pasangan Ikbar diusung oleh gabungan partai politik, yakni Partai Demokrat, Gerindra, Hanura, PKS, dan Partai Nasdem, pasangan ini meraih suara terbanyak di Pilkada 2020. Sebanyak 405.157 suara dengan mengalahkan dua pasangan calon lainnya.

Perolehan suara pasangan nomor urut 1 itu jauh meninggalkan pasangan Yoko Priyono-Choirun Nisa dan petahana Pungkasiadi-Titik Masudah.

Pasangan Yoko-Nisa mendapatkan 95.481suara. Perolehan suara pasangan ini setara dengan 15 persen dari suara sah.

Sementara petahana, Pungkasiadi-Titik Masudah memperoleh 120.458 suara atau setara dengan 19 persen lebih dari jumlah suara sah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori mengatakan, setelah dilakukan penetapan ini pihaknya akan bersurat ke DPRD Kabupaten Mojokerto untuk segera dilakukan rapat berkaitan dengan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ini.

“Hari ini, kami menetapkan pasangan calon terpilih yaitu nomor urut 1. Setelah ini langkah kita mengusulkan ke DPRD untuk dilakukan pelantikan,” kata Muslim kepada wartawan di aula hotel Grand Wizt Trawas, Jumat (22/1/2020).

Ia menjelaskan, pelantikan itu dilakukan oleh kemendagri melalui gubernur Jawa Timur.

“Pelantikan sudah bukan kewenangan KPU, kami hanya menyampaikan usulan saja, soal pelantikan itu nanti yang mengatur sudah gubernur atas nama mendagri,”

Sementara itu, Wakil Bupati Mojokerto terpilih Muhammad Ali Barra mengatakan, penanganan COVID-19 menjadi hal yang utama terlebih saat ini ekonomi juga sangat lesu. Untuk itu nantinya ia bersama Bupati terpilih Ikfina dibantu OPD terkait akan melakukan tindakan penanganan dan upaya penyelesaian.

“Berkaitan dengan ekonomi tentu kita akan bangun ekonomi kerakyatan. Kemudian upaya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mojokerto,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments