Sabtu, April 20, 2024
BerandaIndexHeadlineKomjen Listyo Sigit Uji Kelayakan Calon Kapolri Hari ini

Komjen Listyo Sigit Uji Kelayakan Calon Kapolri Hari ini

JAKARTA, Xtimenews.com – Komisi III DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada hari ini, Rabu (20/1).

Berdasarkan agenda dan informasi yang diterima, gelaran agenda tersebut akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Listyo merupakan calon Kapolri tunggal yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang bakal memasuki masa purna tugas pada akhir Januari 2020 ini. Nama Listyo sebagai calon Kapolri resmi diusulkan Jokowi ke DPR RI pada Rabu (13/1) lalu.

Merespons usulan Jokowi itu, Komisi III DPR telah menggelar serangkaian acara, mulai dari menggelar rapat dengan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengetahui laporan transaksi keuangan Listyo pada Kamis (14/1) dan rapat dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pada Senin (18/1) untuk mengetahui proses pengusulan nama Listyo sebagai calon Kapolri ke Jokowi.

Listyo juga telah membuat makalah untuk dibahas dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR pada hari ini.

Makalah berjudul ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi’ tersebut telah diantarkan oleh rekan seangkatan Listyo yang kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh Inspektur Jenderal Wahyu Widada ke Komisi III DPR pada Selasa (19/1).

Sebagai informasi, kata ‘presisi’ yang digunakan Listyo dalam judul makalahnya tersebut merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparasi berkeadilan.

Proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR ini sendiri diperkirakan tidak akan menjadi penghalang yang berarti bagi mantan Kapolda Banten itu untuk menerima tongkat estafet pucuk pimpinan Korps Bhayangkara dari Idham.

Hal itu bisa dilihat dari pernyataan yang disampaikan oleh perwakilan dari sembilan fraksi yang ada di Senayan.

Tidak ada satu pun fraksi, baik yang berada dalam koalisi pendukung pemerintah ataupun di luar pemerintahan, yang mempersoalkan langkah Jokowi mengusulkan nama Listyo sebagai calon Kapolri.

Bahkan, kalangan dari luar Senayan menyambut baik dan memberikan respons yang positif terkait pencalonan Listyo sebagai calon Kapolri.(red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments