Beranda Pemerintahan Dinkes Sidoarjo Terima Kedatangan Empat Ribu Vaksin Covid-19 Sinovac, 10 Pejabat Akan...

Dinkes Sidoarjo Terima Kedatangan Empat Ribu Vaksin Covid-19 Sinovac, 10 Pejabat Akan Divaksin Perdana

4000 vaksin disimpan di kantor Dinkes Sidoarjo

SIDOARJO, Xtimenews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo telah menerima kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama sebanyak empat ribu vaksin. Selanjutnya, Vaksin covid buatan Sinovac ini langsung disimpan di kantor Dinkes yang berada di Jalan Mayjen Sungkono Sidoarjo. Sepuluh pejabat Kabupaten Sidoarjo akan divaksin perdana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawarman mengatakan ada tiga tahap pengiriman vaksin ke Sidoarjo, ini merupakan tahap pertama. Sidoarjo mendapat jatah 8.720 vaksin di tahap pertama, namun karena terbatasnya tempat penyimpanan maka hanya empat ribu vaksin yang datang hari ini.

“Hari ini vaksin yang datang berjumlah 4.000, harusnya kita mendapat jatah 8.720 di tahap awal. karena ruang penyimpanan kita terbatas jadi yang datang hanya 4000,” ucap Syaf di lokasi, Rabu (13/1/2021) siang.

Kembali dikatakan Syaf, di tahap awal ada sepuluh pejabat Kabupaten Sidoarjo yang akan divaksin pada hari Jum’at, (15/1) di RSUD Sidoarjo. Kemudian selang satu minggu disusul dengan tenaga kesehatan yang ada di Sidoarjo.

“Pejabat diantaranya adalah PJ Bupati Sidoarjo, Kapolresta, Komandan Kodim dan sejumlah pejabat lain termasuk saya. Tenaga kesehatan di Sidoarjo akan divaksin sekitar seminggu kedepan,” terangnya kepada wartawan.

Syaf menambahkan, jumlah tenaga kesehatan di Sidoarjo sebanyak 11.200 yang menyebar di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan kota Delta, hal ini tidak sebanding dengan jatah vaksin tahap pertama yang hanya mendapatkan 8.720 vaksin.

“Nanti kita akan mintakan tambahan vaksin. Provinsi sudah mengetahui kok, berapa kebutuhan kita,” kata Syaf.

Lebih lanjut Syaf mengatakan, vaksin tahap kedua diperkirakan datang pada Bulan Mei atau Juni 2021. Vaksin tahap kedua tersebut diperuntukkan bagi pejabat Pemkab Sidoarjo, Personel Polres Sidoarjo dan TNI. Sedangkan masyarakat umum akan mendapat jatah vaksin tahap ketiga yang diperkirakan akan dilakukan pada Bulan Oktober 2021.(vin/den/gan)