Sabtu, April 20, 2024
BerandaIndexDalang Unik Bikin Pertunjukan Wayang Dadakan di Depan Monumen Jayandaru Sidoarjo

Dalang Unik Bikin Pertunjukan Wayang Dadakan di Depan Monumen Jayandaru Sidoarjo

SIDOARJO, Xtimenews.com – Pandemi covid yang belum berakhir berdampak kepada banyak hal di Sidoarjo, salah satunya pelaku seni budaya. Kamis, (7/1/2021) siang seorang dalang unik bernama Ki Ompong Soemarsono melakukan pertunjukan wayang dadakan di sekitar patung Monumen Jayandaru Alun-alun kota Sidoarjo.

Lakon atau tema dalam cerita wayang tersebut adalah ‘Wayang Srawung Alam’ yang filosofinya jika diartikan bermaksud interaksi antara manusia dengan alam. Meskipun dirinya memainkan wayang ditengah terik matahari, Ki Ompong sama sekali tidak mengeluh kepanasan.

“Sebagai sarana komunikasi, informasi, dan edukasi khususnya untuk kalangan milenial serta mewakili gambaran budaya yang sudah ada,” ucap Ki Ompong usai beraksi di tengah terik matahari.

Penampilan Ki Ompong yang unik membuatnya menjadi pusat perhatian baik pengunjung yang berada di sekitar Alun-alun maupun pengguna jalan yang melintas sehingga ada beberapa pengunjung yang ingin mengajaknya berfoto, mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

Kembali dikatakan pria berusia 34 tahun ini, pesan moral yang bisa dipetik dari lakon wayang srawung alam adalah agar manusia lebih dekat dan peduli dengan lingkungan sekitar.

“Kalau kita mau dekat menyatu dengan alam kita akan diberi pelajaran melalui perilaku yang tiap hari dijalani,” terangnya kepada wartawan.

Ki Ompong Soemarsono menambahkan alasanya memilih lokasi monumen Jayandaru sebagai lokasi pertunjukan adalah karena monumen tersebut merupakan kearifan lokal yang khas di Sidoarjo.

“Karena ada sejarah kearifan lokal di monumen Jayandaru, dan karena saya cinta Sidoarjo,” tandasnya. (vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments