Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexHeadlineDikawal Ketat, KPU Mulai Distribusikan Surat Suara Pilbup Mojokerto

Dikawal Ketat, KPU Mulai Distribusikan Surat Suara Pilbup Mojokerto

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto mulai mendistribusikan surat suara untuk Pilbup Mojokerto 2020.

Logistik pemilu surat suara tersebut transit melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 18 Kecamatan. Kemudian, surat suara itu akan didistribusikan di tinggkat PPS yang disebar sebanyak 2.084 TPS, pada H-1 pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Pantauan dilokasi sejumlah pekerja mengangkut kotak suara yang berisi surat suara pilkada ke dalam truk di halaman gudang logistic KPU Kabupaten Mojokerto.

Kotak suara itu dibungkus plastik agar aman dan mengantisipasi kerusakan akibat hujan. Para pekerja menata kotak suara di dalam truk box. Penyaluran logistik pemilu dikawal aparat kepolisian bersenjata lengkap menuju setiap kecamatan.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander bersama Kapolres Mojokerto Kota AKBP Deddy Supriyadi terlihat dilokasi menyaksikan langsung pemberangkatan logistik surat suara yang diberangkatkan langsung oleh ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menjelaskan, petugas kepolisian bersama TNI dan stekolder terkait memberi pengawalan ketat proses distribusi logistik Pilbup 2020 ke 18 PPK.

Selama logistik bermalam di Kecamatan, pihanya juga memberi pengamanan.

“Selama bermalam di setiap PPK juga kami beri pengamanan. Kami siagakan 15 personel dibantu TNI, Linmas, dan Satpol PP,” kata Dony kepada wartawan, Senin (7/12/2020).

Semenanjung Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori mengatakan logistik pemilu surat suara secara perdana mulai distribusi di masing-masing PPK, Senin (7/12/2020) pukul 09.00 Wib.

“Distribusi logistik pemilu surat suara di tingkat PPK hari ini selesai,” ungkapnya.

Logistik pemilu diangkut menggunakan kendaraan truk boks dengan pengamanan ketat oleh pihak Kepolisian Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota.

Tahapan pendistribusian yakni dalam tahap pertama dan kedua masing-masing lima kendaraan dan tahap ketiga delapan kendaraan.

Adapun logistik pemilu yang distribusikan KPU Kabupaten Mojokerto itu meliputi kotak suara beserta isinya dan bilik suara.

“Jumlah kotak suara sesuai 2.084 TPS dan ada tiga bilik suara di setiap TPS yaitu dua bilik utama dan satu bilik khusus,” jelasnya.

Menurut dia, pengamanan distribusi surat suara dilakukan menggunakan kendaraan tertutup untuk mengantisipasi cuaca hujan lantaran mayoritas bahan logistik pemilu terbuat dari kertas. Kotak suara juga dilapisi plastik bening guna menghindari kerusakan jika terkena air.

“Kita pakai mobil boks karena khawatir cuaca musim hujan agar pendistribusian logistik pemilu surat suara aman,” ujarnya.

Seluruh logistik pemilu semuanya sudah terpenuhi 100 persen termasuk alat pengukur suhu badan dan sarung tangan latex.

“Buku panduan KPPS juga sudah didistribusikan sekarang logistik pemilu utama hari ini sudah selesai,” ucap Muslim.

Adapun jumlah DPT dalam di Pilbup Mojokerto Mojokerto yaitu sebanyak 823.014 orang.

“Total ada 846.617 lembar surat suara yang diterima KPU Kabupaten Mojokerto dan 2000 lembar untuk cadangan. Sehingga yang kita distribusikan sekarang ada 844.617 lembar kertas suara,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments