Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexPeristiwaMasyarakat Sidoarjo Tolak Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Kota Delta

Masyarakat Sidoarjo Tolak Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Kota Delta

SIDOARJO, Xtimenews.com – Kedatangan salah satu petinggi Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) di Indonesia menimbulkan beberapa aksi di masyarakat bukan hanya di Jakarta namun juga terjadi di Sidoarjo.

Di depan monumen Jayandaru yang berada di Alun-alun Kota Sidoarjo, beberapa kelompok organisasi Masyarakat yang tergabung dalam komunitas Aliansi Umat Islam Tolak Habib Rizieq Shihab menyampaikan aspirasinya untuk menolak kedatangan HRS di Jawa Timur khususnya di Kota Delta Sidoarjo.

Dalam kesempatan itu Sumi Harsono selaku koordinator lapangan aksi mengatakan sebagai bentuk pencegahan dan antisipasi terjadinya kembali konflik SARA di tengah masyarakat Sidoarjo yang rukun dan damai serta saling menghormati, pihaknya menolak kedatangan HRS di Sidoarjo.

“Kami menyatakan menolak kedatangan Habib Rizieq Shihab ke Jawa Timur khususnya di tanah Kota Delta tercinta ini, dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” ucap Sumi di lokasi. Sabtu, (21/11/2020).

Beberapa ormas yang tergabung dalam aksi tersebut adalah Ikatan Keluarga Besar Ponpes Darul Ulum (Ikapdar), GP Anshor, PMII Unsuri dan Lembaga Swadaya Masyarakat Seven Gab.

Berdasarkan pantauan Xtimenews.com di lapangan, para elemen masyarakat tersebut membwa banner yang bertuliskan menola kedatangan HRS di Sidoarjo, mereka sengaja mencoret tulisan Habib menggunakan spidol bertinta hitam karena dianggap HRS tidak layak dianggap sebagai Habib.

Bukah hanya itu, mereka juga menyobek foto dan tulisan Habib di baner kemudian mengguntingnya menjadi potongan kecil kemudian mebuang dan menginjak-injak potongan tersebut. Aksi tersebut berlangsung secara damai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kembali dikatakan Sumi Harsono bahwa semua elemen masyarakat yang ada di Sidoarjo ini menolak keras keberadaan HRS. Karena tidak pantas apa yang dilakukan oleh seorang Habib selalu memprovokasi dan memecah belah umat Islam.

“Karena kehadirannya Habib Rizieq ini justru tidak membuat umat Islam kuat. Dan anak-anak bangsa juga tidak menjadi satu kesatuan yang kuat. Tapi justru kehadirannya Rizieq ini mengarah kepada provokasi perpecahan,” kata Sumi kepada Xtimenews.com.

Sumi menambahkan, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah pusat khususnya aparat keamanan TNI dan Polri. Untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap penting demi menyelamatkan NKRI. supaya mengambil tindakan yang tegas terhadap Rizieq apabila mengarah adanya perpecahan bangsa.

“Kami masyarakat Sidoarjo bersama elemen-elemen ormas Islam Sidoarjo. Meminta pemerintah pusat untuk mengambil langkah dan sikap yang lebih tegas. Kalau perlu FPI itu di bubarkan,” terangnya.

Ini merupakan murni dari hati nurani warga Sidoarjo sebagai anak bangsa. Sebagai bagian umat Islam yang tidak rela, kalau umat Islam dan anak-anak bangsa ini dioecah belah dengan provokasi yang dilakukan oleh Habib Rizieq.

“Maka ini merupakan perlawanan, bagian umat Islam masyarakat Sidoarjo. Dan kami menolak kedatangan Rizieq ke Jawa Timur khusus ke Sidoarjo,” tutup Sumi.(vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments