Beranda Index Headline Mahfud MD Kunjungi Terminal Purabaya Ingatkan Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan Sebagai Pengganti...

Mahfud MD Kunjungi Terminal Purabaya Ingatkan Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan Sebagai Pengganti Vaksin

Mahfud MD serahkan masker secara simbolis

SIDOARJO, Xtimenews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melakukan kunjungan ke terminal Purabaya Sebagai upaya untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Memasuki New Normal peran masker sangat penting untuk menekan penyebaran covid. Karena keampuhan masker ini lebih dari 90 persen untuk menolak penyakit dan menghalangi virus itu menular ke orang lain.

Dalam kunjungan tersebut Mahfud MD membagikan masker kepada para pekerja yang berada di terminal Purabaya. Diserahkan secara simbolis kepada Kepala UPTD Terminal Purabaya dan awak bus.

Mahfud mengatakan bahwa penggunaan masker bisa dijadikan vaksin untuk mencegah diri sendiri maupun orang lain terpapar covid. Karena hingga saat ini pemerintah belum menemukan vaksin untuk melawan virus tersebut.

“Sedangkan untuk obat bagi pemerintah masih tersedia, sehingga angka kesembuhan semakin meningkat. Tetapi juga tidak sedikit yang menjadi korban kematian,” ucap Mahfud, Sabtu (3/10/2020).

Mahfud menambahkan sementara belum ditemukan vaksin protokol kesehatan menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dan orang lain dari paparan covid. Maka dari itu pemerintah mulai menormalkan kembali aktivitas sehari – hari namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Begitu juga kegiatan tranportasi publik dan tempat rekreasi supaya bisa dimulai dinormalkan namun dengan menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Hingga saat ini pemerintah masih mengusahakan vaksin penangkal covid. Ada empat cara yang harus diterapkan masyarakat dalam aktivitas sehari – hari agar terhindar dari covid. Pertama adalah menggunakan masker, kedua menjaga jarak antara 1,5 sampai 2 meter, ketiga mencuci tangan, dan yang keempat adalah mengatur sirkulasi udara didalam rumah atau mobil.

“Akan terlindungi kalau memakai masker tidak menulari dan ditulari orang lain karena covid itu menular melalui mulut ke hidung dan ke mata,” terangnya.(vin/den/gan)