Jumat, April 26, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPerkuat Karakter Generasi Muda, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Pembinaan Wasbang

Perkuat Karakter Generasi Muda, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Pembinaan Wasbang

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Dalam upaya membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Kodim 0815/Mojokerto menggelar Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda yang berlangsung di Aula Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (22/09/2020).

Kegiatan bertajuk “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan”, dibuka oleh Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., yang diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815 Mayor Inf Nuriman Siswandi.

Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Binwasbang) Kodim 0815 Semester II TA. 2020 diikuti perwakilan para pelajar SMA/SMK dan Pramuka se-Mojokerto Raya. Dalam gelaran Binwasbang tersebut, puluhan pelajar dan Pramuka menerima pembekalan materi Wasbang.

Pada kesempatan tersebut, Pabung Kodim 0815 Mayor Inf Nuriman Siswandi memberikan materi Proxy War, disusul kemudian Pasiter Kapten Inf Herman Hidayat dengan materi Wasbang Bagi Generasi Muda dan Pasi Intel Kodim 0815 Lettu Cba Kurniawan Junaedi dengan Materi P4GN dan Kenakalan Remaja.

Sementara itu, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., saat dihubungi mengungkapkan, pembinaan wawasan kebangsaan bagi generasi muda harus terus dilakukan guna membentuk generasi yang berkarakter, berdisiplin dan berwawasan kebangsaan.

Alumni Akmil Angkatan 2000 ini menegaskan, generasi muda sebagai sumber daya menjadi faktor dominan untuk dibina dan dikembangkan sebagai potensi bangsa yang mampu mengatasi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

“Pembinaan wawasan kebangsaan ini juga merupakan bagian dalam menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan penduduknya (demografi) yang bertujuan untuk membina dan membentuk komponen masyarakat Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara guna memujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tutup pria kelahiran Purbalingga Jawa Tengah.

Pantauan di lapangan, untuk melatih disiplin, kerja sama, kekompakan dan jiwa korsa, para pelajar dan pramuka tersebut menerima materi praktek Peraturan Baris Berbaris (PBB), dan sejumlah permainan Wasbang.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments