Jumat, April 19, 2024
BerandaPemerintahanPuskesmas Wates Kembali Buka, Setelah Sempat Ditutup Beberapa Hari

Puskesmas Wates Kembali Buka, Setelah Sempat Ditutup Beberapa Hari

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Puskesmas Wates di Jalan Lawu Raya, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari Kota Mojokerto sempat ditutup sementara gara-gara dua pegawainya dinyatakan positif Covid-19. Fasilitas kesehatan tingkat pertama ini kembali dibuka setelah sebagian besar tenaga kesehatannya bebas dari virus Corona.

“Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas Wates sudah kembali kami buka,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Rabu (15/7/2020).

Ia menjelaskan, Puskesmas Wates ditutup sementara sejak Senin (6/7). Karena terdapat 2 pegawai faskes tingkat pertama tersebut yang positif Covid-19. Yaitu pria 26 tahun warga Surabaya yang menjadi dokter gigi di Puskesmas Wates dan satpam warga Kota Mojokerto.

“Selain mencegah penyebaran Covid-19, Puskesmas Wates kami tutup juga untuk memudahkan tracing,” terangnya.

Berdasarkan hasil pelacakan oleh tim tracing, lanjut Gaguk, ditemukan 31 pegawai dan tenaga kesehatan Puskesmas Wates yang kontak dekat dengan dokter gigi dan satpam yang positif Corona. Mereka telah menjalani tes swab. Hasilnya, 28 tenaga kesehatan dan pegawai dipastikan bebas Covid-19.

“Hasil tes swab tiga pegawai lainnya belum keluar. Karena mayoritas dinyatakan negatif, maka pelayanan kesehatan di Puskesmas Wates kami buka kembali (sejak 14/7),” jelasnya.

Dari 31 pegawai yang kontak dekat dengan dokter gigi dan satpam positif Corona, 5 orang mempunyai kontak erat. Para pegawai yang kontak erat maupun yang hasil tes swabnya belum keluar saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Sebelum pelayanan kami buka, Puskesmas Wates sudah kami sterilkan. Kami terapkan prototokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat ke Puskesmas Wates,” pungkas Gaguk.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments