Jumat, April 26, 2024
BerandaPemerintahanBeredar Kabar BLT-DD Covid-19 di Desa Kepuhanyar Mojokerto, Dipangkas Hingga Rp 500...

Beredar Kabar BLT-DD Covid-19 di Desa Kepuhanyar Mojokerto, Dipangkas Hingga Rp 500 Ribu

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Beredar kabar Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19, di Dusun Wonoayu Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, sebesar Rp.600.000, dari Dana Desa (DD), dipangkas sebesar Rp.500 ribu.

Berdasarkan pengakuan masyarakat, telah menerima BLT-DD Covid-19 tahap l, pada Rabu 20 Mei 2020 hanya sebesar Rp 100 ribu dari Rp 600 ribu. Bahkan di tahap ll yang dibagikan pada Selasa (23/6/2020) kemarin juga di potong Rp 100 ribu.

“Awalnya saya terima sebesar BLT tahap l sebesar Rp 600 ribu. Namun setelah tiga hari kemudian ada seorang perempuan yang mengambil ke rumah sebesar Rp 500 ribu,” kata warga Dusun Wonoayu Rt 03 Rw 01, Desa Kepuhanyar Kecamatan Mojoanyar yang minta dirahasiakan identitasnya, Rabu (24/6/2020).

Menurut dia, alasan pemotongan sebesar Rp 500 ribu itu untuk pemerataan bagi warga yang tidak menerima bantuan apapun. Bahkan menurut dia, hal itu sudah dibahas bersama perangkat desa Kepuhanyar sehari sebelum penerimaan BLT-DD di Balai Desa Kepuhanyar.

“Waktu itu sudah dirapatkan, alasannya demi pemerataan terhadap masyarakat yang belum mendapat bantuan,” tegasnya.

Ia menegaskan, pada saat itu dirinya bersama beberapa warga penerima BLT-DD yang lain hanya bisa pasrah meskipun hanya menerima Rp 100 ribu dari total BLT-DD sebesar Rp 600 ribu.

“Saat itu mau protes ya tidak enak, jadi ya sudah diterima saja,” keluhnya.

Kala itu kata dia, bantuan yang dipangkas Rp 500 dibagikan kepada warga yang tidak menerima bansos senilai Rp 75 ribu per Kartu Keluarga (KK).

Tak hanya itu warga Dusun Wonoayu Rt 03 Rw 01 ini mengaku dirinya tidak menerima BLT-DD Covid-19 di tahap ll. Ia mengaku bantuan di tahap ll itu dialihkan kepada warga lain tanpa ada pemberitahuan.

“Anehnya kenapa di tahap ll ini saya tidak menerima, saya sudah tanya ke kantor Balai Desa alasannya dialihkan,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi BLT-DD Covid-19 tahap ll di Dusun Wonoayu ini tidak lagi dipangkas Rp 500 ribu untuk pemerataan. Namun kabarnya ada pemangkasan sebesar Rp 100 ribu yang dilakukan oknum perangkat desa.

Dari data yang diterima Xtimenews.com di Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, ada 102 KK penerima BLT-DD Covid 19. Sedangkan di Dusun Wonoayu sendiri ada 16 KK penerima BLT-DD Covid-19 dari 153 KK.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dusun (Kasun) Wonoayu Teguh Murjoko menjelaskan, pemangkasan BLT-DD Covid-19 sebesar Rp 500 ribu di tahap l itu sudah kesepakatan bersama dari 16 KK yang menerima.

“Itu tidak semua dipotong. Jadi dari ke 16 penerima itu mempunyai kesepakatan sendiri dan yang menentukan siapa saja yang dipotong juga mereka. Untuk pemerataan,”

Kata dia, kabar pemotongan BLT-DD Covid-19 tahap ll sebesar Rp 100 ribu itu adalah kesalahan pahaman.

“Itu saya pinjam buat kebutuhan beli materai. Saya kembalikan tapi orangnya tidak mau menerima,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Kepuhanyar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Selamet Hidayat saat dikonfirmasi pada Rabu (25/6/2020) sore tidak ada ditempat.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments