Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexHeadlineBrimob Polda Jatim Napak Tilas, Jalan Kaki Susuri Bekas Kota Raja Majapahit

Brimob Polda Jatim Napak Tilas, Jalan Kaki Susuri Bekas Kota Raja Majapahit

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Napak tilas untuk mengenang jasa perjuangan polisi istimewa yang kini bernama Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur dilakukan dengan cara berjalan melewati rute-rute bersejarah di bekas pusat ibu kota kerajaan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Napak tilas yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran ini, dimulai dengan longmarch ratusan pasukan mulai dari kampung jawi di Kabupaten Jombang, hingga di pendopo agung, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Para peserta napak tilas yang terdiri dari Kepolisian ini, terdiri dari satuan Brimob, maupun satuan lainnya. Bahkan seluruh perwira jajaran di Polda Jatim, juga turut melakukan longmarch sepanjang 26 kilo meter tersebut.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mengatakan, kegiatan ini adalah rangkaian hari Bhayangkara ke 74. Tempat ini dipilih agar generasi muda di Kepolisian paham tentang sejarah pasukan Bhayangkara, yang menjadi pengawal raja dan pengayom masyarakat di zaman Majapahit masa lalu.

“Selain napak tilas kegiatan ini juga disertai dengan kegiatan bhakti sosial penyerahan bantuan kepada masyarakat yang ada di sekitar Kecamatan Trowulan,” kata Kapolda Jatim kepada wartawan di lokasi napak tilas Kecamatan Trowulan, Rabu (24/6).

Ia menjelaskan, kegiatan ini di ikuti oleh para perwira pertama sekitar 80 orang, pasukan Brimob 50 orang serta kemudian seluruh pejabat utama Polda Jatim dan Kapolres yang berada di wilayah Mojokerto.

Kegiatan ini ditutup dengan ziarah ke petilasan makam panggung. lokasi ini dipercaya kuat sebagai letak sumpah palapa diucapkan Maha Patih Gajahmada di hadapan Raja Hayam Wuruk, saat hendak melakukan ekspedisi penyatuan nusantara.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments