Beranda Index Kesehatan Plt Bupati Sidoarjo : Rapid dan Swab Test Mulai Beroperasi, Waspada Lonjakan...

Plt Bupati Sidoarjo : Rapid dan Swab Test Mulai Beroperasi, Waspada Lonjakan Confirm di Sidoarjo

Forkopimda Kabupaten Sidoarjo resmikan PCR swab test

SIDOARJO, Xtimenews.com – Pemkab Sidoarjo saat ini sudah bisa bernafas lega lantaran swab test yang selama ini menjadi keluhan karena antri kini tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya.

PCR swab test yang berada di halaman GOR Delta Sidoarjo sudah bisa beroperasi mulai besok. Hal ini disampaikan oleh Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin ketika meresmikan lab PCR swab test didampingi oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji dan perwakilan dari DPRD Kabupaten Sidoarjo, Dhamroni.

“Bantuan alat PCR mulai besok sudah beroperasi. Setiap hari bisa 200 sampel langsung dalam sehari bisa selesai, selama ini lebih dari seminggu,” ucap Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kamis (18/6/2020).

Cak Nur sapaan akrabnya, sekaligus sebagai ketua gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo mengatakan, ketika mesin PCR mulai beroperasi maka Confirm pasti akan melonjak. Hal tersebut sudah diantisipasi seiring dengan tindakan dan penyelesaian secara cepat.

“Jika rapid dan swab kita lakukan secara masif maka confirm pasti akan naik. Langkah ini sudah sepakat kita lakukan bersama lalu kita akan menyelesaikan dengan cepat,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman menyampaikan melalui alat PCR ini pihaknya ingin mengukur angka kesembuhan seiring dengan bertambahnya kasus confirm.

“Saya ingin mengukur angka kesembuhan pasti akan meningkat tajam walaupun kasus confirm juga akan bertambah,” Ujar Syaf dihadapan Xtimenews.com.

Syaf menambahkan Meskipun tanpa rapid, alat PCR tersebut siap untuk memeriksa masyarakat Sidoarjo.

“Sampe Covid-19 tuntas, alat ini berada di Sidoarjo,” jelasnya.(vin/den/gan)