Beranda Pemerintahan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H, Akan Dilaksanakan di Rumah

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H, Akan Dilaksanakan di Rumah

Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi

MAMASA (SULBAR), Xtimenews.com – Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi, bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamasa H. Imran K. Kesa’ serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mamasa H. Ramli L., S.Ag., M.Pdi, rilis kesepakatan bersama Pemerintah dan tokoh-tokoh agama di Kabupaten Mamasa bahwa Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah, di Kabupaten Mamasa telah disepakati untuk dilaksanakan di rumah masing-masing, dengan memertimbangkan dampak pandemi covid-19.

Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi dalam siaran persnya mengatakan, bahwa pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah yang akan dilaksanakan di rumah masing-masing telah disepakati bersama para tokoh agama dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mamasa beserta OPD terkait dalam rapat bersama yang dilaksanakan pada Selasa (19/5/2020).

“Dengan mempertimbangkan, bahwa kondisi penyebaran pandemi virus corona yang semakin masif di Indonesia, maka telah diputuskan bahwa shalat Idul Fritri dan takbiran 1441 H/2020 M akan dilaksanakan di rumah masing-masing dan perlu dipahami bahwa pahala shalat Id di Masjid dan di rumah adalah sama,” ungkap Bupati.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten MamasaH. Imran K. Kesa’ menegaskan, bahwa perayaan Idul Fitri pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan kondisi covid-19 yang belum stabil.

“Peran umat Islam dituntut untuk bersama-sama melaksanakan pencegahan terhadap pandemi ini dan kita harus rela untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing, toh pahalanya sama di Masjid atau pun di rumah, yang penting hati serta keimanan umat tetap fokus kepada Allah Swa,” urai Imran.

Pada kesempatan yang sama Ketua MUI Kabupaten Mamasa H. Ramli L., S.AG., M.Pdi menjelaskan, “kita harus memahami bahwa situasi pandemi covid-19 yang terus bertambah jumlahnya di negara kita, sehingga Patwa Majelis Ulama Indonesia memutuskan untuk melakukan ibadah di rumah masing-masing, termasuk shalat Id dan takbiran,” beber Ramli.

“Saya imbau, agar seluruh umat Muslim di Mamasa, mematuhinya karena hal ini tidak mengurangi nilai ibadah kita,” tegas Ramli. (son/den/gan)