Beranda Index Ekonomi Sampah yang Telah Dipilah, Dapat Ditukar Dengan Uang

Sampah yang Telah Dipilah, Dapat Ditukar Dengan Uang

Pemilahan sampah dilakukan petugas posko dan masyarakat sekitar

POLEWALI MANDAR ( Sulbar), Xtimenews.com – Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Polewali Mandar, Hikmah, ST, M.Si, melakukan peninjauan ke Posko Penanganan Covid-19, yang ada di perbatasan Kabupaten Polewali Mandar dengan Kabupaten Pinrang, tepatnya di Desa Paku Kecamatan Binuang, Jum’at (17/4/2020).

Saat di lokasi, Sekretaris DLHK didampingi oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan Rahmat M Said serta Kepala Seksi Pengaduan dan Penanganan Aduan Sengketa Lingkungan Drs. Supratman, melakukan edukasi pemilahan sampah sekaligus pemberian kantong sampah untuk Posko Penanganan Covid-19.

“Sampah-sampah yang telah dipilah, dapat menjadi Uang, dengan menukarnya melalui Bank Sampah,” tegas Hikmah.

Menurutnya, pemilahan sampah-sampah tersebut tidak hanya mengurangi jumlah sampah yang dibuang.

“Tetapi juga kita bisa mendapatkan uang dari sampah yang telah dipilah, sesuai dengan banyaknya sampah yang ditukar,” kata Hikmah.

Dia menyampaikan, terima kasih kepada seluruh petugas gabungan yang tidak pernah lelah dalam menjalankan tugasnya, baik dari unsur BPBD, Satpol PP, Tenaga Medis, dari Kecamatan dan Desa serta TNI-Polri.

“Kini semua berjuang bersama untuk menghambat penyebaran virus covid -19, masuk ke Kabupaten Polewali Mandar,” pungkasnya menutup.

Sementara salah satu petugas BPBD Kabupaten Polewali Mandar, yang ada di posko, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh DLHK terhadap petugas posko penanganan covid -19.

“Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melintas di perbatasan ini agar tetap melakukan pemilahan sampah, mulai dari sampah anorganik sampai sampah B3 seperti bekas masker, bekas kaos tangan medis serta lainnya,” ujarnya, tanpa menyebutkan namanya. (son/den/gan)