Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexPeristiwaWarga Desak Pemkab Jember, Lakukan Investigasi Selidiki Pembangunan Jalan Rabat Beton

Warga Desak Pemkab Jember, Lakukan Investigasi Selidiki Pembangunan Jalan Rabat Beton

Usianya masih sekitar 2 tahun, namun kondisinya rusak parah, diduga dikerjakan asal-asalan dan tidak sesuai standarnya

JEMBER, Xtimenews.com – Proyek jalan rabat beton yang berada di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, kondisinya rusak berat.

Melihat kondisinya, proyek jalan yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018-2019, yang masih berusia sekitar 2 tahun diduga dibangun asal-asalan dan tidak sesuai dengan standarnya.

Sri salah seorang warga, ketika diminta tanggapannya mengungkapkan kekecewaannya melihat kondisi jalan yang baru dibangun sekitar 2 tahun yang lalu, namun kondisinya sekarang sudah rusak dan berlobang.

“Apa lagi kalau hujan turun, air menggenang tidak tampak jalannya berlobang. Akibatnya pernah terjadi pengendara sepeda motor melintas dijalan tersebut terjatuh,” jelas Sri, Sabtu (11/04/2020) kepada Xtimenews.com.

Kades Kemuning Lor Budi dikonfirmasi menegaskan, bahwa setelah pembangunan proyek jalan rabat beton ini selesai, agar selanjutnya Kepala Dusun (Kasun) dan warga melakukan perawatan bersama.

Ketika ditanya bagaimana dengan masalah pembiayaannya? “Dananya dari masyarakat dan akan dibantu oleh Desa,” tegas Budi.

Aneh tapi nyata, pada hal proyek rabat beton tersebut dibangun dengan biaya dari APBN melalui DD dan kenapa biaya perawatannya dari swadaya masyarakat, sesuai yang disampaikan Kades Kemuning Lor Budi, pada media ini.

Warga Desa Kemuning Lor khususnya Dusun Rayap, mendesak agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, khususnya Dinas terkait melakukan investigasi menyelidiki proyek rabat beton yang diduga dikerjakan asal-asalan dan tidak sesuai dengan standarnya. (im/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments