Beranda Index Kesehatan Takut Tertular Corona, Warga di Mojokerto Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Takut Tertular Corona, Warga di Mojokerto Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Wakapolres Mojokerto Saat memberikan himbauan kepada warga perumahan Zian Istana residence saat berjemur. (Foto/Demi Lukmantara)

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Berbagai cara dilakukan masyarakat, agar tidak tertular virus corona baru atau covid 19.

Salah satu cara yang gampang tapi efektif meningkatkan imunitas tubuh, adalah berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Hampir tiap pagi, warga Perumahan Zian Istana Residence, Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto kini berjemur.

Tak perlu jauh-jauh, warga cukup berjemur di halaman rumah atau di jalanan di dalam kompleks.

Mereka meyakini, terkena sinar matahari pagi bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperbaiki kesehatan.

Upaya warga, seperti yang dilakukan penghuni Perumahan Zian Istana Residence itu cukup beralasan.

Sebab untuk mengatasi pandemi corona, organisasi kesehatan dunia, WHO, telah menyarankan masyarakat berjemur selama 5 hingga 15 menit, di bawa sinar matahari, pada pukul 10 pagi.

Sementara Kapolres Mojokerto, AKBP Feby D.P Hutagalung melalui Wakapolres Mojokerto, Kompol David Triyo Prasojo, mengatakan, beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto saat ini sudah diterapkan kawasan tertib Physical Distancing.

“Saat ini sudah ada 15 titik kawasan tertib Physical Distancing, salah satunya di perumahan Zian Istana Residence ini,” kata Wakapolres Mojokerto, Kompol David Triyo Prasojo kepada wartawan, saat meninjau kawasan Physical Distancing di perumahan Zian Istana Residence, Kecamatan Mojosari, Sabtu (04/04/2020).

Selain itu, kata David, pihaknya juga menghimbau masayarakat agar menerapkan pola hidup sehat. Selain mencuci tangan warga juga diimbau untuk berolahraga di pagi hari, namun harus tetap menjaga jarak.

“Salah satu contoh di kawasan perumahan ini. Setelah olahraga pagi, masyarakat berjemur kurang lebih 2 jam,” terangnya.

Masyarakat diminta 3 kali dalam seminggu untuk berjemur dibawah sinar matahari di pukul 10.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib.

“Sinar matahari, secara medis bermanfaat untuk meningkatkan imunitas,” jelasnya.

Selain berjemur dibawah sinar matahari, kata David, tentu warga juga harus menjaga kebersihan tubuh, serta lingkungan sekitar.

“Dan yang paling utama, menghindari kerumunan serta mengurangi aktivitas di luar jika tidak betul-betul perlu,” tandasnya.(den/gan)