Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexKesehatanSMA Muhammadiyah 1 Taman Manfaatkan Aloe Vera Untuk Hand Sanitizer

SMA Muhammadiyah 1 Taman Manfaatkan Aloe Vera Untuk Hand Sanitizer

SIDOARJO, Xtimenews.com – Maraknya Covid-19 membuat hand sanitizer menjadi produk langka karena banyak diburu masyarakat. Bahkan harga di pasaran kian melambung tinggi.

Memanfaatkan situasi ini siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo membuat sendiri hand sanitizer berbahan dasar aloe vera yang dipercaya dapat melembutkan kulit.

“Karena lidah buaya merupakan bahan alami untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Itulah alasan kita gunakan dalam campuran hand sanitizer,” jelas Bunga Octa (16) Kamis (19/3/2020).

Kemudian siswa kelas X IPA 5 tersebut memperagakan Proses pembuatan Smamita hand sanitizer berawal dari aloe vera yang diambil dagingnya kemudian di blender dan disaring hingga menyisakan ekstraknya. Dari ekstrak lidah buaya tersebut dicampur bahan tambahan seperti glicerol 65%, deionized water dan fragrance.

“Dari bahan-bahan tersebut insyaallah menghasilkan 50 liter hand sanitizer yang akan didistribusikan ke masjid Muhammadiyah melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu),” terang Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Taman, Zainal Arif Fachrudin kepada wartawan Xtimenews. (vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments