Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexKesehatanLapas Porong Perketat Layanan Kunjungan Guna Antisipasi Penyebaran Covid-19

Lapas Porong Perketat Layanan Kunjungan Guna Antisipasi Penyebaran Covid-19

SIDOARJO, Xtimenews.com – Sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19, Lapas Porong melakukan beberapa peraturan baru yang berlaku sejak hari ini.

Khususnya pelayanan kunjungan dan keluar serta masuknya tahanan untuk bersidang. Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono meminta jajarannya untuk memperketat pelayanan

Sejak dipastikan virus tersebut telah memasuki wilayah Indonesia Krismono menyampaikan bahwa pihaknya telah menerapkan upaya-upaya pencegahan dan penanganan virus corona di lapas/ rutan.

Beberapa langkah strategis yang ditempuh antara lain adalah dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer.

“Beberapa lapas/ rutan juga telah memanfaatkan alat pendeteksi suhu untuk mengukur suhu tubuh dari pengunjung, warga binaan maupun pegawai,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Krismono menjelaskan bahwa layanan kunjungan tidak ditiadakan. Namun, untuk harus dibatasi untuk sementara, satu warga binaan maksimal hanya boleh dikunjungi oleh 2 pengunjung.

“Jarak antara WBP dan pengunjung pun diatur. Barang bawaan dari pengunjung untuk WBP juga dibatasi,” terangnya.

Warga binaan yang masih harus mengikuti sidang mendapat pengawasan ketat. Sebelum dan sesudah sidang mereka harus diperiksa terlebih dahulu.

Thermo gun menjadi salah satu alat yang sangat diperlukan untuk mendeteksi suhu tubuh. Bagi lapas yang belum memiliki alat ini kunjungan ditiadakan sementara dan akan dibuka kembali setelah thermo gun tersedia.

“Setelah punya alatnya, kunjungan akan normal kembali,” urainya.

Kondisi ini membuat Krismono menginstruksikan agar lapas/ rutan melakukan inovasi kinerja. Sebagai kompensasi terbatasnya kunjungan, seluruh lapas/ rutan di Jawa Timur dihimbau untuk menyediakan layanan video call. Dengan begitu, diharapkan seluruh warga binaan bisa memanfaatkan untuk berinteraksi dengan keluarganya. “Beberapa lapas/ rutan telah menerapkan layanan video call dan warga binaan sangat antusias dengan layanan tersebut,” jelasnya.(vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments