Selasa, April 16, 2024
BerandaIndexTNI & POLRILestarikan Lingkungan Mako Polres Morowali Kapolda Sulteng Tanam Pohon

Lestarikan Lingkungan Mako Polres Morowali Kapolda Sulteng Tanam Pohon

KOTA BUNGKU MOROWALI(Sulteng) Untuk melestarikan lingkungan areal rencana Mako Polres Morowali seluas 15 hektar, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal, SH, MH, melakukan penanaman pohon diatasnya, bersama Bupati, unsur Forkopimda Morowali, Pejabat Utama dan Bhayangkari Sulteng. Penanaman pohon ini dilakukan Kapolda saat kunjungan kerja (kunker) ke daerah Morowali belum lama ini, dalam rangka peresmian berdirinya Polres Morowali Polda Sulteng. ‘Penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan seperti yang selalu digelorakan Kapolri yakni “Polri Peduli Lingkungan’.

Menurut Kapolda Sulteng, seperti yang disampaikan Kasubbidpenmas Humas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari, hari ini, untuk kota-kota besar seperti Morowali, program penghijauan sangat dibutuhkan guna melestarikan lingkungan agar kembali sehat dan asri. Melalui penghijauan, akan menurunkan suhu udara di suatu tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat lingkungan menjadi segar dan teduh.

“Melalui penghijauan akan tumbuh pohon-pohon besar yang akan melindungi makhluk hidup dari pancaran sinar matahari serta dari desiran angin kencang,” jelas Kapolda Sulteng.

Hal lain kata Kapolda, melalui penghijauan dapat mengurangi pencemaran terutama pencemaran karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor dan asap pabrik. Selain itu, penghijauan dapat dijadikan sebagai pencegah terjadinya banjir dan erosi.

“Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap akar tumbuhan menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lain,” jelas Kapolda Sulteng. (bas/sugeng/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments