Sabtu, April 20, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKurangi Resiko Banjir Koramil 0815/03 Sooko Bersama Masyarakat Karya Bakti Bersihkan Sungai

Kurangi Resiko Banjir Koramil 0815/03 Sooko Bersama Masyarakat Karya Bakti Bersihkan Sungai

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815/Mojokerto mengerahkan sejumlah personelnya bersama masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan Sungai Tangkis Kidul, Dusun Bekucuk Desa Tempuran, Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (17/1/2020).

Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto, saat di lokasi karya bakti mengatakan, karya bakti pembersihan sungai ini dilakukan untuk memperlancar arus air terlebih ketika turun hujan sehingga diharapkan air tidak meluap ke persawahan dan pemukiman warga, khususnya di Desa Tempuran dan Desa Ngingasrembyong.

Sasaran pembersihan pada karya bakti ini, yaitu membersihkan tumbuhan air seperti eceng gondok, kangkung, semanggi dan tumbuhan lainnya. “Tumbuhan-tumbuhan sungai tersebut selanjutnya diangkat ke tanggul sungai dan diangkut untuk dibuang ke tempat yang telah ditentukan,”ungkapnya.

Masih kata Danramil, kegiatan karya bakti ini sebelumnya, Jum’at (10/1) pekan lalu telah dilakukan di Sungai Avoor Desa Ngingasrembyong Kecamatan Sooko yang berbatasan dengan Dusun Prabon Desa Blimbing Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, dengan satu unit ekskavator dari Perum Jasa Tirta.

“Saat itu pembersihan sungai dari tumbuhan eceng gondok di penampang sungai sepanjang 200 meter dengan lebar 13 meter dibantu para Babinsa Koramil Sooko serta pantau langsung Forpimka Sooko,” terang Danramil.

Pantauan di lapangan terlihat anggota TNI dari Koramil Sooko bersama masyarakat, bahu membahu secara bergotongroyong melakukan pembersihan sungai. Tampak sebagian dari mereka menggunakan pelampung dan ban.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments