Jumat, April 19, 2024
BerandaPemerintahanTingkatkan Kuantitas Produksi Kakao, TPAKD Jatim Selenggarakan Business Matching

Tingkatkan Kuantitas Produksi Kakao, TPAKD Jatim Selenggarakan Business Matching

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, BPR Jawa Timur yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Jawa Timur (TPAKD Jatim) menyelenggarakan ‘Business Matching Percepatan Akses Keuangan serta Pelatihan, Literasi dan Inklusi (PETIK) Keuangan’ kepada 100 Petani Kakao di Kabupaten Mojokerto, Jum’at (01/11/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kuantitas produksi Kakao melalui pemberian fasilitas kredit bagi kelompok petani Kakao dan peningkatan kualitas Kakao melalui pemberian pelatihan terkait penanganan hama Kakao.

Mulyanto selaku Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis OJK, mengatakan, Gapoktan Mulyo Jati Mojokerto membutuhkan pembiayaan, peningkatan pengetahuan terkait pencegahan hama tanaman kakao, pengemasan produk dan pemasaran secara online.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan dan audiensi yang telah dilakukan sebelumnya kepada Gapoktan Mulyo Jati Mojokerto,” kata Mulyanto selaku Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis OJK.

Menurutnya, Komoditas Kakao menjadi salah satu sasaran dalam Program Kerja TPAKD Jatim tahun 2019. Hal itu dikarenakan meningkatnya permintaan coklat untuk pasar domestik dan semakin tingginya permintaan untuk ekspor.

“Kakao juga memiliki manfaat yang banyak, salah satunya adalah untuk kesehatan kulit,” terangnya.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Karyadi menjelaskan, yang menjadi pertimbangan bagi TPAKD Provinsi Jawa Timur komoditas kakao perlu dikembangkan dan ditingkatkan sehingga dapat menambah pendapatan asli daerah.

“Melalui program PETIK Keuangan, kita mengharapkan tidak ada lagi petani yang menjual produknya sebelum panen. Melalui program PETIK Keuangan petani bisa mendapatkan harga yang maksimal dari hasil panen Kakao,” ujar Karyadi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Business Matching ini dikemas dengan pemberian pelatihan kepada petani kakao terkait ‘Produk dan layanan perbankan’ oleh PT BPR Jawa Timur, ‘Penyuluhan Pencegahan Hama Tanaman Kakao’ oleh Dinas Perkebunan Jawa Timur, ‘Pemasaran online’ oleh Kantor Jasa Akuntan PT Mitra Manajemen International dan ‘Pengemasan Produk’ oleh Rumah Besar Kemasan Lembaga Pengembangan Kemasan UKM Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Gapoktan Mulyo Tani Mojokerto, Mulyono juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Mojokerto telah menjadikan Gapoktan Mulyo Tani menjadi salah satu sentra produsen Kakao di Indonesia.

“Berkat dukungan dari Pemkab Mojokerto, kini Mojokerto menjadi salah satu sentra produsen Kakao di Indonesia. Melalui dorongan dari OJK kepada perbankan, akhirnya kita memiliki pabrik pengolahan coklat sendiri” kata Mulyono selaku Ketua Gapoktan Mulyo Tani.

Sebagai bentuk komitmen pada program Hulu Hilir yang di gagas oleh Pemprov Jatim, pada kesempatan yang sama BPR Jatim juga melakukan pencairan kredit kepada Gapoktan Mulyo Tani sebesar Rp10 miliar dan kredit modal usaha kepada empat petani Kakao sebesar 70 juta yang juga tergabung dalam Gapoktan Mulyo Tani.

Menurut Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi juga menjelaskan, bahwa hal yang paling penting bagi petani Kakao adalah jaminan adanya pembeli dan harga yang bersaing.

“Dengan adanya pabrik yang telah dibangun ini memberikan jaminan bagi petani bahwa produknya pasti ada yang membeli,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Gapoktan Mulyo Tani dengan Pelaku Usaha (sebagai off taker) hasil olahan kakao. Menurut Mulyono, MOU ini penting bagi para petani Kakao karena mereka mendapat jaminan bahwa hasil penen Kakao pasti diserap oleh pasar.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments