Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIRakor Upsus Pajale Dan Optimalisasi Alsintan Kodim 0815 Bersama Staf Kementan RI

Rakor Upsus Pajale Dan Optimalisasi Alsintan Kodim 0815 Bersama Staf Kementan RI

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Dalam rangka memaksimalkan pencapaian swasembada pangan, Kementan RI menggelar Rakor Upsus Pajale dan Optimalisasi Alsintan di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, bertempat di Makorem 082/CPYJ Jalan Veteran Nomor 3 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (22/10/2019).

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Pasi Wanwil Sterrem 082/CPYJ Mayor Inf Suko Edi Winarto, S.Sos., dilanjutkan paparan Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf M Jenal Arifin yang menjelaskan tentang Optimalisasi Alsintan Kodim 0815 Mojokerto dalam Mendukung Kegiatan Upaya Khusus Swasembada Pangan.

Dijelaskan Kasdim 0815, diantaranya upaya khusus swasembada pangan bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pencapaian swasembada pangan, mendukung peningkatan produktivitas tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya sesuai kapasitas yang dimiliki.

Masih lanjut Kasdim, peran pendampingan TNI AD (Kodim 0815) meliputi pendampingan penyedian dan pendampingan petani. “Pendampingan terhadap petani ini dimulai dari penyiapan lahan, pengawalan distribusi benih dan pupuk, pendampingan tanam dan panen, yang pada akhirnya untuk agar terwujud petani sejahtera,” paparnya.

Sementara itu, Staf Ditjen Tanaman Pangan dan Hortilkutura Kementan RI, DR. Tri Martini Patriana, SP., M.Si selaku Penanggung Jawab (PJ) Upsus Wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto, menyampaikan evaluasi terkait Pencapaian Upsus Pajale dan Optimalisasi Alsintan di Wilayah Kab/Kota Mojokerto.

Dijelaskannya, upaya khusus Pajale (Padi, jagung dan kedele) harus terus dilanjutkan untuk mewujudkan salah satu Nawacita Pemerintah (Presiden RI), yakni Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045.

Hadir dalam kegiatan antara lain Ir. Nandra I Chalid, MM., Staf Kementan RI selaku Koordinator Optimalisasi Alsintan (Opsin) Wilayah Korem 082/CPYJ, KJF Distan Kabupaten Mojokerto Masuhadak, SP., M.Si., Kabid Tanaman Pangan dan Hortilkultura Distan Kabupaten Mojokerto, Wastuti Muryati, SP., M.Agr., Pasiter Kodim 0815 Kapten Inf Herman Hidayat, Para Danramil, Danpos dan Koordinator PPL se-wilayah Kodim 0815 Mojokerto.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments