Beranda Pemerintahan Pemkab Sidoarjo Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2019

Pemkab Sidoarjo Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2019

Caption : Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019

SIDOARJO, Xtimenews.com – Ratusan Santri dari berbagai Lapisan Pondok Pesantren Se-Sidoarjo Ikuti upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kabupaten Sidoarjo, digelar Selasa (22/10)pagi, di Alun-alun Sidoarjo, dengan tema “santri indonesia untuk perdamaian dunia”. Bertindak selaku Inspektur upacara, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH.,M.Hum. Dan selaku Komandan Upacara Fahrudin Yusron, S. Pd. Dari Banser.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, Wakapolresta Sidoarjo AKBP Anggi Siregar , Ketua DPRD Sidoarjo M.Usman, Kepala OPD, Kabag Kesra, Para Pimpinan MWC NU, Pimpinan Ranting NU Se-Kabupaten Sidoarjo, perwakilan pondok pesantren serta ratusan peserta upacara.

Kabupaten Sidoarjo telah mempersiapkan kafilah MTQ yang akan mengikuti kejuaraan Musabaqoh Tilawatil Quran atau (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Timur yang ke-28 di Kabupaten Tuban, Bupati berharap “semoga para kafilah MTQ Kabupaten Sidoarjo dapat meraih prestasi yang gemilang, dengan membawa juara umum kejuaraan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur”.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai pemimpin upacara menyampaikan bahwa ditetapkannya hari santri merupakan resolusi jihad mempertahankan kemerdekaan indonesia. “Mulai hari itu, kita dengan suka cita memperingati hari santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat islam, khususnya bagi kalangan santri.” ujar Abah Ipul.

Ia menyampaikan jika perjuangan santri adalah seruan ulama santri yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela kedaulatan tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Hari santri tahun ini merupakan mulainya mempertegas peran santri terdepan, dalam mengkaji ilmu dan mengaji serta belajar menerima perbedaan namun tetap bersandar pada sumber hukum yang berlaku. “

Masih dalam sambutannya, Abah Ipul menuturkan bahwa dengan cara seperti inilah keragaman dapat dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri-santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia.

Baca Juga ;  Pemkab Sidoarjo Dukung Penuh Peningkatan Ekspor

Seusai upacara, Bupati Sidoarjo menyerahkan Trophy Piala lomba Pemilihan Duta Santri Kabupaten Sidoarjo Tahun 2019, Selanjutnya di tutup dengan Unjuk gelar Pagar Nusa. (ain/den/gan).