Jumat, April 26, 2024
BerandaIndexPeristiwaBangunan Food Cort Milik Disparpora Senilai 2,5 Milliar Rusak Tertimpa Pohon

Bangunan Food Cort Milik Disparpora Senilai 2,5 Milliar Rusak Tertimpa Pohon

MOJOKERTO, Satu bangunan food cort atau rest area milik Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupeten Mojokerto rusak berat dihantam pohon Gondang berukuran 60 cm yang tumbang, di Dusun Biting Desa Seloliman Kecamatan Trawas, Kabupeten Mojokerto tepatnya di dekat area parkir wisata pertirtaan Jolotundo, Selasa (13/08/2019).

Heru Utomo koordinator obyek wisata Jolotundo menjelaskan, kejadian pohon tumbang itu terjadi pada Selasa pagi sekitar pukul 08.00 Wib. Akibat yang ditimbulkan dari bencana pohon tumbang menimpa bangunan food cort berukuran 20 x 20 meter persegi.

“Pagi itu ada angin kencang dan sempat ada hujan gerimis sebentar sekitar 5 menit, tiba-tiba pohon tumbang menimpa bangunan food cort,” kata Heru, Rabu (14/08/2019).

Menurut Heru, bangunan milik Disparpura itu baru selesai pada akhir 2018 lalu dengan anggaran sebesar 2,5 milliar dan hingga saat ini belum dilakukan serah terima.

“Baru selesai pada akhir tahun 2018 lalu dan belum dilakukan serah terima, jadi bangunan ini masih kosong sehingga tidak ada korban jiwa,” jelas Heru.

Untuk menangani kejadian ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak perhutani kabupaten Mojokerto, Disparpura dan BPBD Kabupaten Mojokerto.

“Belum diketahui berapa kerugian akibat kejadian ini. Namun bangunan ini masih dalam perawatan pemborong,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menambahkan, pantauan radar BMKG Juanda kecepatan angin sekitar 30-40 km/jam terpantau di wilayah selatan. 

“Pohon yang tumbang berjenis Gondang dengan diameter kurang lebih 30 menit. Iya, bangunan food court atau rest area itu milik Disparpora, hanya satu bangunan yang tetimpa, saat sudah dilakukan evakuasi pemotongan pohon,” ujarnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments