Rabu, April 24, 2024
BerandaIndexDukacitaKelelahan, Jamaah Haji Asal Mojokerto Meninggal di Makkah

Kelelahan, Jamaah Haji Asal Mojokerto Meninggal di Makkah

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Salah satu jemaah haji asal Kabupaten Mojokerto meninggal di Makkah, Saudi Arabia, Senin (5/8/2019).

Jemaah haji itu yakni Sogol (84) warga Desa Mojogebang, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto meninggal karena mengalami kelelahan. Sogol tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) 61 yang diberangkatkan ke Makkah pada 26 Juli 2019

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Mojokerto Mukti Ali mengatakan, Sogol berangkat menunaikan ibadah haji tanpa ada pendampingan keluarga. Karena saat diberangkatkan dari Mojokerto, Sogol dinyatakan sehat.

Namun ketika sampai di asrama haji Sukolilo, Surabaya, Sogol merasa bingung ada di mana dan mendadak minta pulang. Sogol terdeteksi mengidap dimensia atau pikun.

“Saat di Sukolilo minta pulang, dikasih pengertian oleh KBIH dan ketua rombongan, akhirnya dini hari (27/7) diberangkatkan ke Makkah,” kata Mukti, Selasa (6/8/2019).

Saat di Makkah, Sogol mendapatkan pendampingan khusus dari petugas rombongan karena kondisinya terdeteksi mengidap dimensia atau pikun. Sogol sempat kembali minta diantar pulang saat baru tiba di Makkah.

Sogol ditemukan meninggal di salah satu kamar hotel di kawasan Mahbas Jin pada Senin (5/8). Jaraknya sekitar 2,5-3 kilometer dari Masjidil Haram. Menurut Mukti, tempat meninggalnya Sogol bukan hotel yang seharusnya ditempati korban.

“Kami mendapatkan informasi dari sektor perlindungan jemaah, ada jemaah yang meninggal kemarin sore. Baru kemarin malamnya kami pastikan yang meninggal adalah Pak Sogol,” terangnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan dokter sektor perlindungan jemaah, Sogol meninggal akibat kelelahan. Jemaah haji berusia 84 tahun ini keluyuran seorang diri saat jemaah lainnya istirahat di hotel usai menunaikan umroh wajib.

“Korban lepas dari pengawasan, ketika petugas jaga tidur, dia keluar sendirian. Dia kelelahan karena jalan-jalan, kemungkinan mengalami dehidrasi,” ungkapnya.

“Saya baru mendapatkan kabar jika proses memandikan jenazah selasai dan akan segera dimakamkan. Yang bersangkutan akan dimakamkan di pemakaman umum Soraya, Mekkah,” imbuhnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments