Jumat, April 26, 2024
BerandaIndexHeadlineKebakaran Lereng Gunung Welirang Merembet ke Wilayah Blok Patuk Wesi, Blok Kalijarak...

Kebakaran Lereng Gunung Welirang Merembet ke Wilayah Blok Patuk Wesi, Blok Kalijarak di Desa Ketapanrame

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Lereng Gunung Welirang di kawasan Tahura R Soerjo Blok Sawahan Prigen Pasuruan yang terbakar pada Senin (29/7/2019) kemarin meluas ke wilayah Blok Patuk Wesi, Blok Kalijarak di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, M Zaini mengatakan, kebakaran di lereng Gunung Welirang tersebut terjadi pada, Senin (29/7/2019) kemarin.

Namun, lanjut Zaini, api kembali berkobar pada Rabu sekira pukul 09.53 WIB yang diakibat sisa kebakaran dan merambat ke Blok Jurang Dengkek kawasan Tahura R Soerjo Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

“Personil Tahura, melakukan upaya pemadaman secara manual,” kata Zaini, Rabu (31/07/2019).

Dilakukan pemadaman manual dikarenakan jalan menuju lokasi kebakaran susah dijangkau. Pemadam portable menjadi alat petugas.

“Medan menuju lokasi kebakaran cukup curam sehingga dilakukan upaya pemadaman secara manual,” ujar Zaini.

Selain menggunakan pemadam portable isi 20 liter dengan dibawa berjalan kaki, petugas juga menggunakan sabit untuk membuat sekat agar kebakaran tidak sampai meluas. Cemara, pakis-pakisan dan kebut yang terbakar.

“Personil Tahura, saat ini masih melakukan upaya pemadaman secara manual. Titik api kembali muncul akibat sisa kebakaran hutan kemarin dan kebakaran merambat ke Blok Jurang Dengkek. Untuk luas lahan yang terbakar, masih dipetakan dan kita berharap tidak terus meluas,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun, laporan perkembangan Karhutla pada pukul 16.00 Wib, dari luas baku hutan tahura 10.287 ha. sejak hari senen sampai hari Rabu luas hutan yang terbakar diperkirakan lebih kurang 9.5 ha, api sudah dapat di padamkan, saat ini petugas sudah turun ke pos masing-masing.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments