Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexEkonomiBabinsa Kepuharum Koramil 0815/13 Kutorejo Dampingi Petani Panen Jagung

Babinsa Kepuharum Koramil 0815/13 Kutorejo Dampingi Petani Panen Jagung

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Babinsa Kepuharum Koramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815 Mojokerto Serka Udik Suliyanto mendampingi petani panen jagung di Desa Kepuharum, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (30/07/2019).

Kegiatan panen jagung yang berlangsung di lahan seluas dua hektar yang ditanami jenis jagung Super Hibrida Bisi 18, milik Supadi, anggota Poktan Bidi Raharjo, Dusun/Desa Kepuharum, dilakukan secara manual dengan bantuan tenaga buruh tani setempat.

Menurut Serka Udik Suliyanto, panen jagung di lahan seluas 2 hektar tersebut, diprediksikan mampu mencapai 17,6 ton atau 8,8 ton dalam setiap hektar. Namun tentunya untuk hasil pastinya menunggu proses panen selesai.

Sementara itu, pemilik lahan jagung, Supadi, merasa senang dengan kehadiran Babinsa di lokasi panen jagung miliknya. Supadi juga sangat bersyukur karena meski kemarau, lahan jagung yang dikelolanya bisa dipanen dan hasilnya cukup baik.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Didik Budi Santoso mengungkapkan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah.

“Pendampingan yang dilakukan Babinsa tidak hanya saat panen, namun sudah berlangsung mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian, masa tanam, dan masa perawatan,” ungkapnya.

Danramil berharap, dengan kehadiran Babinsa di lapangan mampu memotivasi petani untuk lebih giat dalam meningkatkan produksi pertanian sehingga siklus pangan tetap terjaga.(Dar/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments