Beranda Index Pendidikan SPPBE Milik Pesantren di Mojokerto Diresmikan Menteri ESDM

SPPBE Milik Pesantren di Mojokerto Diresmikan Menteri ESDM

Caption : Pelepasan balon tanda peresmian SPPBE milik Ponpes Umanatul umma.

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) milik Ponpes Umanatul Umma yang ada di Desa Tanjung Kenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, resmi di buka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Jum’at (26/07/2019). Peresmian SPBE itu ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemencetan tombol sirine oleh Menteri ESDM.

Pengasuh PP Amanatul Ummah KH Asep Syaifuddin Chalim menjelaskan, pendapatan dari bisnis SPPBE ini akan digunakan untuk dana operasional perguruan tinggi di pesantren. Ia menjelaskan, SPPBE tersebut dibangun menggunakan uang pribadi kiai Asep.

“Pendapatan dari bisnis ini akan digunakan sepenuhnya untuk biaya operasional Institut KH Abdul Chalim,” kata Kiai Asep.

Menurut dia selama ini biaya operasional kampus dari kantong pribadinya sendiri yang mencapai Rp 1 miliar per bulan. Dari jumlah itu, Rp 300 juta untuk makan para mahasiswa. Oleh sebab itu dia akan menyerahkan sepenuhnya pendapatan dari SPPBE tersebut kepada kampus.

“Berapa pun dapatnya SPPBE ini kami serahkan ke institut sehingga mengurangi pengeluaran saya,” jelasnya.

Kiai Asep berharap, bisnis SPPBE ke depannya bisa berkembang. Salah satunya dengan membentuk agen-agen elpiji di tempat lain. Bisnis yang dikelola kampus juga akan merambah agen air mineral.(den/gan)