Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexPeristiwaBegini Cara Babinsa Koramil 0815/17 Trawas Membantu Petani Panen Padi

Begini Cara Babinsa Koramil 0815/17 Trawas Membantu Petani Panen Padi

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Babinsa Koramil 0815/07 Trawas Kodim 0815 Mojokerto Sertu Sudarman mendampingi sekaligus membantu petani panen padi di Dusun Jatijejer, Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (10/07/2019).

Babinsa Jatijejer, Sertu Sudarman mengatakan, pendampingan panen padi berlangsung di sawah seluas 5.000 meter, milik Sumarto, anggota Poktan Langgeng Santoso 2, Dusun/Desa Jatijejer, yang ditanami jenis padi Inpari-2.

Sertu Sudarman menambahkan, panen padi di lokasi tersebut dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar. “Saat panen tersebut, para petani membawa alat perontok padi tradisional yang langsung digunakan usai memanen,” imbuhnya.

Masih tuturnya, perkiraan gabah yang dihasilkan dalam panen tersebut mencapai tiga setengah ton, dan dalam satu hektar diprediksikan menghasilkan gabah sebanyak tujuh ton.

“Sementara untuk harga gabah kering panen (GKP) saat ini pada kisaran Rp 4.600,- per kilogram, sedangkan harga gabah kering giling (GKP) mencapai Rp 4.800,- per kilogram, namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu,” bebernya.

“Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah, yang pelaksanaannya bersinergi dengan PPL/BPP UPT Dinas Pertanian Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments